8 Manfaat Shalat Berjamaah, Tak Sekedar Raih Pahala 27 Derajat

8 Manfaat Shalat Berjamaah, Tak Sekedar Raih Pahala 27 Derajat

Ilustrasi shalat berjamaah.-Tangkapan layar freepik.com-

2. Disiapkan surga 

Rasulullah bersabda, "Barang siapa pergi ke masjid pada awal dan akhir siang, maka Allah akan menyiapkan baginya tempat dan hidangan di surga setiap kali dia pergi." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Lebih disukai Allah Ta'ala

Allah Ta'ala lebih menyukai seseorang yang melakukan shalat secara berjamaah dibandingkan yang melakukan shalat sendirian. Untuk itu, dianjurkan memilih masjid yang banyak jamaahnya. Sehingga keutamaan yang akan didapatkan juga berlimpah.

4. Mengikuti sunnah Nabi

Ada sebuah atsar dari dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu, beliau berkata, "Barangsiapa yang ingin bergembira ketika berjumpa dengan Allah besok dalam keadaan muslim, maka jagalah shalat ini (yakni shalat jamaah) ketika diseru untuk menghadirinya. Karena Allah telah mensyariatkan bagi Nabi kalian sunanul huda (petunjuk Nabi). Dan shalat jamaah termasuk sunanul huda (petunjuk Nabi).

Baca lagi:Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi

5. Dibebaskan dari api neraka

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang shalat selama 40 hari secara berjamaah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka ditulis untuknya dua kebebasan, yakni kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat munafik." (HR. Tirmidzi)

6. Pahala berlipat ganda, menaikkan derajatnya dan malaikat bershalawat

Rasulullah bersabda, "Shalat seorang laki-laki dengan berjamaah akan dilipatgandakan dua puluh lima kali lipat daripada shalat yang dilakukan di rumah dan di pasar. Yang demikian itu, apabila seseorang berwudhu, lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian keluar menuju ke masjid, tidak ada yang mendorongnya untuk keluar menuju masjid kecuali untuk melakukan shalat.

Tidaklah dia melangkahkan kakinya, kecuali dengan satu langkah itu derajatnya diangkat, dan dengan langkah itu dihapuskan kesalahannya. Apabila dia shalat dengan berjamaah, maka malaikat akan senantiasa bershalawat (berdoa) atasnya, selama dia tetap di tempat shalatnya (dan belum batal).

Malaikat akan bershalawat untuknya, 'Ya Allah! Berikanlah shalawat kepadanya. Ya Allah, berikanlah rahmat kepadanya'. Salah seorang di antara kalian tetap dalam keadaan shalat (mendapatkan pahala shalat) selama ia menunggu datangnya waktu shalat." (HR Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Abu Dawud).  

7. Dijaga dari godaan setan

Rasulullah bersabda, "Tidaklah ada tiga orang yang di sebuah kota atau desa dimana shalat berjamaah tidak didirikan di sana kecuali setan akan menguasai mereka, maka biasakanlah berjamaah sebab seekor serigala suka memangsa kambing yang sendirian."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: