Jelang Pilkada, Paslon Diajak Patuhi Protokoler

Jelang Pilkada, Paslon Diajak Patuhi Protokoler

*) Antisipasi Penularan Covid-19 Cluster Baru

KAJEN - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Kamis (10/09/2020), Polres Pekalongan mengajak Pasangan Calon untuk mengedepankan protokoler kesehatan. Pasalnya, pesta demokrasi kali ini digelar ditengah pandemi covid-19.

Antisipasi penularan covid-19 dilakukan dengan pembagian masker oleh Polres Pekalongan bersama Pasangan Calon, perwakilan partai pengusung dan sejumlah organisasi masyarakat di antaranya Pemuda Pancasila, Lindu Aji, dan LMPI. Pembagian masker dilakukan di pertigaan tugu duren Kecamatan Karanganyar.

Kegiatan pembagian masker kepada pengguna jalan tersebut dilakukan secara nasional yang juga diikuti Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani, Kabag dan Kasat.

Kapolres Pekalongan, AKBP Aris Tri Yunarko kepada awak media menayampaikan pembagian masker dilakukan sebagai bentuk perhatian jajarannya terhadap pencegahan penularan virus corona. Apalagi ditengah pandemi covid 19, Kabupaten Pekalongan hajat besar yakni Pilkada. Salah satu tahapan dalam pesta rakyat tersebut adalah kampanye terbuka yang bakal mendatangkan massa dalam jumlah banyak.

"Polres Pekalongan mengadakan pembagian masker beserta dengan paslon bupati dan wakil bupati Pekalongan, kemudian partai politik pengusung dan pendukung untuk sama-sama berkomitmen untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pada waktu Pilkada Kabupaten Pekalongan tahun 2020. harapannya kedepan agar masyarakat disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan sehingga Mata rantai penyebaran covid-19 bisa diitanggulangi, " katanya.

Kemudian dalam pelaksanaan Pilkada masing-masing pasangan calon agar memberikan imbauan kepada para pendukungnya untuk tetap menerapkan protokoler kesehatan covid 19. Terutama Ketika kampanye terbuka berlangsung, para penedukung harus mengenakan masker dan selalu melakukan sosial maupun physical distancing atau menjaga jarak.

Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Pekalongan, H. Mirza Kholik mengapresiasi pihak Polres Pekalongan. Karena selain bertanggungjawab dalam pengamanan pesta demokrasi juga ikut menanggulangi penyebaran covid-19.

"Kami sebagai pengusung mengapresiasi langkah Polres Pekalongan karena ikut serta dalam mengantisipasi penularan covid-19 dengan membagikan masker. Kami harapkan masyarakat juga ikut mematuhi protokoler kesehatan, " ungkapnya.

Senada dengan Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra yang turut serta membagikan masker. Ia juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Polres Pekalongan karena benar benar peduli mengantidipasi penyebaran covid-19.

"Kami berterimakasih pada Polres Pekalongan karena ini langkah kongkrit aparat kepolisian dalam mencegah penularan covid-19," imbuh Candra yang juga Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pekalongan itu.

Dalam kegiatan tersebut personel Polres Pekalongan dibantu pengurus partai pendukung pasangan calon bupati dan wakil serta simpatisannya rela berpanasan di tengah jalan sambil membagikan masker. Setiap ada pengendara roda empat maupun dua yang melintas di bundaran Tugu Duren, dihentikan dan diberi masker lalu diminta mengenakannya. Bahkan tukang becak dan penumpangnya yang kebetulan lewat di tempat kegiatan menjadi target rombongan dalam pembagian masker.

Sedangkan calon bupati Hj Sumarwati didampingi sejumlah pendukungnya ikut serta meengikuti kegiatan tersebut. Dia malahan menemukan pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan masker sehingga langsung diminta berhenti. Kemudian pengendara itu diberikan masker dan diminta mengenakannya supaya mencegah penularan virus corona.(yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: