Kenali Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh yang Jumlahnya ada 6 Jenis, Apa Aja Sih?

Kenali Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh yang Jumlahnya ada 6 Jenis, Apa Aja Sih?

Ilustrasi Fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh. Dan vitamin itu bisa didapatkan dari aneka makanan dan buah.-Pixabay-

RADARPEKALONGAN – Bicara fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh tentunya banyak sekali ya. Vitamin bekerja dengan maksimal sesuai dengan jenisnya masing-masing yang bermanfaat bagi keberlangsungan tubuh.

Jangan sampai diabaikan, kebutuhan asupan vitamin yang ada biar fungsi organ tetap berjalan dengan maksimal. Sebab kalau tidak begitu, akan terjadi kekurangan asupan vitamin.

Tapi ngomong-ngomong tentang vitamin, sebenarnya pengertiannta apa sih? Secara pengertiannya Vitamin itu adalah nutrisi tambahan yang didapat dari makanan yang fungsinya untuk memaksimalkan organ tubuh sehingga berjalan dengan maksimal.

BACA JUGA:9 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Menjaga Kesehatan Tulang

BACA JUGA:Daftar 7 Makanan yang mengandung Vitamin B Tinggi, Penuhi Kebutuhan Harian agar Tubuh Bekerja Secara Optimal

Vitamin sendiri terpecah jadi dua. Pertama vitamin yang larut di dalam air. Kedua, Vitamin yang larut di dalam lemak. Lalu apa saja jenis dan fungsinya? Mari simak pembahasannya lebih lanjut teman-teman.

1 Vitamin A

Pertama yang sering dikenal adalah Vitamin A. Vitamin ini fungsinya untuk menjaga kesehatan organ mata.

Vitamij ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti mencegah komplikasi dan pengobatan penyakit campak. Makanan seperti bayam, wortel, ayam, telutr dan susu semuanya mengandung vitamin A walau dalam kadar yang berbeda-beda.

Selain fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh juga mendukung perkembangan janin, tulang dan gigi. Jadi ibu hamil bagus sekali mengonsumsi vitamin ini.

2 Vitamin B Complex

Selanjutnya Vitaminn B Complex ini juga tak kalah penting daripada vitamin A tadi. Terdiri atas 8 jenis yang memiliki nama berbeda-beda.

Diantara nama-nama tersebut adalah thiamine (B1) avin (B2), niacin (B3), pantothenic acid (B3), pyridoxine (B6), biotin (B7), folat (B9) dan cobalamin (B12).

Fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh yang satu ini beragam fungsinya. Diantaanya adalah membantu masalah pencernaan agar lancar, meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak dan saraf.

3 Vitamin C

Asam askorbat meruoakan salah satu vitamin yang bisa memperbaiki sel-sel yang ada pada kulit, gigi dan sel tulang. Salah satu fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh yang bisa melawan radikal bebas dari luar tubuh.

Makanan yang jadi sumber vitamin C ini berasal dari jambu biji, jeruk, tomat, strawberry, kubis, brokolo, kiwi dan paprika merah.

Vitamin C adalah penjunjang tubuh dari ancaman bakteri dari luar. Ketika ada luka pun bisa mengering dengan cepat ketika pasokan vutamin C mencukupi.

4 Vitamin D

Selanjutnya fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh pada poin ini agak berbeda. Karena bahan vutamin perlu didapartkan daari makanana atau minuman.

Sebenarnya vutamin D dapat diproduksi secara akami oleh tubuh ketika kulit berada di bawah terik matahari pagi. Jadi tak perlu minum atau makan apapun yang mengandung vitamin D saja sudah cukup.

Vitamin ini memiliki fungsi khusus seperti mencegah terjadinya osteoporosis, osteomalacia dan rakitis. Vitamin ini bagus untuk membantu proses penyerapan fosfor dan kalsium.

Untuk mendapatkan vitamin ini sebenarnya gampang sekali kalau kemudian cuaca tidak ada panas matahari sama sekali. Cukup mengonsumsi kuning telur, hati, susu dan ikan. Semua jenis makanan tadi di dalamnya ada kandungan vitamin tersebut.

5 Vitamin E

Salah satu fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh adalah memprlancar sirkulasi darah. Pembuluh darah anti tersumbat ketika kamu cukup asupan vitamin ini.

Jadi dengan cukupnya asupan vitamin E ini sangat bermanfaat untuk mengurangi penyakit mematikan yaitu jantung, Maka penuhi kebutuhan seperti alpukat, telur, sayuran hijau dan minyak nabati.

Buat kamu yang memiliki riwayat keluarga yang pernah ada yang menderita penyakit jantung maka seringlah mengonsumsi makananan yang ada.

6 Vitamin K

Salah satu fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh adalah menghentikan pendarahan. Ketika kamu kekurangan asupan vitamin K, maka yang terjadi adalah luka pada kulit akan sukar dihentikan pendarahannya.

Dalam kasusnya, sering anak bayi mengelami kekutrangan vitamin K dibandingkan orrang dewasa. Penuhi makanan untuk ibu menyusui dengan konsumsi kedelai, sayuran hijau dan susu. Boleh juga ditambah dengan yogurt.

Fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh itu penting sekali. Maka mesti diperhatikan juga asupan vitaminnya agar tubuh tetap dalam kondidi fit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: