Kenapa Uban Bisa Muncul di Usia Muda? Ternyata, Penggunaan Shampo dan 7 Hal Ini yang Menjadi Pemicunya

Kenapa Uban Bisa Muncul di Usia Muda? Ternyata, Penggunaan Shampo dan 7 Hal Ini yang Menjadi Pemicunya

uban bisa muncul di usia muda-youtube/Haijoel-

RADARPEKALONGANUban adalah hal wajar saat kita memasuki usia 30an atau bahkan 40 tahunan. Tapi kenapa Uban bisa muncul di usia muda, bahkan sebelum usia 20 tahun?

Rupanya ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi keadaan tersebut. Kita tidak bisa melakukan klaim yang sama pada setiap orang, karena masing-masing individu memiliki kondisi yang tidak sama.

Jika uban yang muncul hanya 1 atau 2 saja, mungkin kita tidak terlalu mempermasalahkan. Tapi saat usia 20 tahunan, uban atau rambut putih yang muncul cukup banyak maka tentu bisa memengaruhi kepercayaan diri.

Selain flek hitam atau kulit keriput, uban juga diidentikkan dengan tanda penuaan. Jadi, mau tidak mau kita perlu mengatasi masalah ini agar bisa tampil dengan “sempurna”. Lalu apa saja faktor penyebab uban muncul di usia muda? Berikut jawabannya.

BACA JUGA:Selain Usir Flek Hitam, Minyak Zaitun Efektif Menghitamkan dan Memperbaiki Rambut Rusak, Begini Cara Pakainya!

BACA JUGA:4 Shampo Penghilang Uban di Indomaret, Efektif Hitamkan Rambut Hingga Ke Akarnya Mulai Seribu Rupiah Aja!

1. Genetik

Current problems in dermatology, dalam sebuah ulasannya pada tahun 2015 menyebutkan genetika dan lingkungan memengaruhi sel induk folikel. Sel induk folikel tersebut merupakan pori tempat tumbuhnya rambut dan melanosit atau sel pigmen rambut. 

Keadaan tersebutlah yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia dini. Jadi, bisa disimpulkan kalau kamu mulai beruban di usia muda, kemungkinan orang tua atau keluargamu terdahulu juga mengalaminya saat muda.

2. Stres

Ternyata, stres juga bisa menjadi faktor penyebab uban tumbuh di usia muda. Ada sebuah studi dari Nature Medicine (2013). Penelitian tersebut menemukan hubungan antara stres dan penipisan sel induk di folikel rambut tikus. 

Stres akan menyebabkan stres oksidatif atau ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan. Hal itu menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut, sehingga rambut lebih mudah memutih atau tumbuh uban. 

BACA JUGA:Rahasia Awet Muda Cuma dengan Minyak Zaitun Herborist Saja, Berikut 8 Manfaat dan Cara Penggunaannya

BACA JUGA:7 Manfaat Air Cucian Beras untuk Rambut, Solusi Rambut Kusam dan Mudah Rontok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: