Kenapa Uban Bisa Muncul di Usia Muda? Ternyata, Penggunaan Shampo dan 7 Hal Ini yang Menjadi Pemicunya

Kenapa Uban Bisa Muncul di Usia Muda? Ternyata, Penggunaan Shampo dan 7 Hal Ini yang Menjadi Pemicunya

uban bisa muncul di usia muda-youtube/Haijoel-

3. Merokok

Hampir sama dengan stres, ternyata merokok juga bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda. Ini karena efek dari merokok pada tubuh adalah memicu peningkatan stres oksidatif pada melanosit folikel rambut. 

Selain itu, rokok juga mengandung racun yang bisa merusak folikel rambut. keadaan tersebut terjadi karena penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

4. Kekurangan Vitamin B12

Uban bisa muncul di usia muda juga karena kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 memiliki peran penting dalam pertumbuhan sel rambut. 

Vitamin tersebut yang dibutuhkan tubuh untuk sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh Anda, termasuk sel-sel rambut. Jadi, saat kita kekurangan vitamin B12 maka akan melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin (pigmen pemberi warna).

BACA JUGA:Cara Menggunakan Olive Oil untuk Rambut Rontok yang Benar, Cukup Tambahkan Bumbu Dapur Aja!

BACA JUGA:7 Manfaat dan Cara Pakai Mustika Ratu Minyak Zaitun untuk Rambut yang Efektif Hitamkan Uban! Rahasia Awet Muda

Lebih jauh lagi, kekurangan vitamin B12 tidak hanya memengaruhi pertumbuhan rambut juga. Tapi bisa menjadi gejala penyakit yang disebut anemia pernisiosa, yaitu saat tubuh Anda tidak bisa menyerap vitamin B12 dengan cukup. 

5. Gangguan Kelenjar Tiroid

Pada The Journal of clinical endocrinology and metabolism (2008), disebutkan bahwa penurunan hormon tiroid bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda. 

Hormon tiroid T3 dan T4 bekerja langsung pada folikel rambut untuk meningkatkan melanogenesis. Melanogenesis sendiri yaitu produksi melanosit alias sel penghasil pigmen rambut (melanin). 

Nah, kelenjar tiroid yang terlalu atau kurang aktif bisa menyebabkan tubuh memproduksi melanin lebih sedikit.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Shampoo Anti Lepek yang Murah dan Dapat Dengan Mudah Kamu Temukan di Warung Dekat Rumah!

BACA JUGA:Inilah Cara Pakai Lidah Buaya dan Air Mawar yang Mudah, Efektif Bikin Wajah Bebas Flek Hitam dan Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: