Belajar Demokrasi, SMPN 3 Batang Gelar Pilketos Layaknya Pilpres

Belajar Demokrasi, SMPN 3 Batang Gelar Pilketos Layaknya Pilpres

Pemilihan Ketua OSIS SMPN 3 Batang-IST -

BATANG, RADARPEKALONGANBelajar demokrasi, SMPN 3 Batang gelar Pilketos (pemilihan ketua OSIS) layaknya Pilpres (pemilihan presiden).

Tak seperti suasana Kegiatan Belajar Mengajar biasanya, hiruk pikuk di SMPN 3 Batang, Sabtu (9/9/2023) nampak berbeda. Para siswa berbaju batik nampak berbondong-bondong menuju ruang serbaguna. 

Rupanya ruang serbaguna itu pun telah disulap layaknya Tempat Pemungutan Suara (TPS) ala Pemilu ataupun Pilpres, dimana akan digunakan untuk pemilihan ketua OSIS SMP3 Batang. 

Selayaknya Pilpres, sebelumnya kandidat pun telah melakukan orasi ke warga sekolah. Mereka menyampaikan visi misinya. Setelah itu para siswa lainnya, diperkenankan untuk menyuarakan hak pilihnya di TPS. 

Mereka pun diberikan surat suara yang nantinya dicoblos dan dimasukkan ke kotak suara. Tak lupa mereka juga mencelupkan jari mereka ke tinta, sebagai bukti telah menyuarakan hak pilihnya. 

"Hampir mirip ya sama Pemilu, sekalian untuk belajar buat anak anak agar tahu Pemilu nanti saat dewasa," ujar Waka Bidang Kesiswaan, SMPN 3 Batang Mursito Adi.

Disebutkannya, semua warga sekolah punya hak suara mencoblos di Pilkatos. Mulai dari 624 siswa, 45 tenaga pendidik hingga satpam sekolah.

"Kalau manfaatnya sendiri buat anak yaitu anak bisa belajar demokrasi, bisa belajar menghargai apa pendapat atau menghargai pilihan orang lain," imbuh Adi. 

Ketua Panitia Pilketos Naurah Curtina Mawaddah, menyebut panitia hanya memiliki waktu sekitar satu Minggu untuk persiapan. 

"Yang ribet itu karena kertasnya atau surat suara banyak. Tapi karena kita jalaninnya bareng bareng satu organisasi, jadinya terbagi tugas," ujar Ketua OSIS SMPN 3 Batang tersebut. 

Naura berharap teman-temannya bisa belajar tentang demokrasi. Selain itu, ia berharap ketua terpilih bisa sukses dan amanah menjalankan tugasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: