Nadi Pertiwi, Pelajar SMPN 3 Batang Lolos Pertukaran Pelajar Sabang Merauke

Nadi Pertiwi, Pelajar SMPN 3 Batang Lolos Pertukaran Pelajar Sabang Merauke

Nadi Pertiwi, Pelajar SMPN 3 Batang. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan pelajar SMPN 3 Batang, Nadi Pertiwi (14). Siswi kelas 8 yang kerap disapa Nadi ini terpilih menjadi peserta  Pertukaran Pelajar Nasional SabangMerauke, yang dihelat Indika Foundation. 

Nadi berhasil lolos setelah melalui tahapan yang diikuti total 360 pelajar SMP se-Indonesia. Dan nantinya ia akan menjalani serangkaian acara  bersama 12 peserta pilihan lainnya, mulai dari 28 Juni hingga 15 Juli mendatang di Jakarta. 

"Aku berangkat ke Jakarta tanggal 28 Juni 2024, dengan menggunakan pesawat. Alhamdulillah semua akomodasi, uang saku, sudah disediakan penyelenggara. Nanti ayah bundaku hanya mengantar sampai Bandara Semarang. Dari Semarang aku naik pesawat sendiri, tidak boleh ditemani. Begitu sampai Jakarta, nanti di sana sudah ada yang jemput," jelas remaja yang juga atlet Silat Perguruan Kramat Jati ini.

Setibanya di Jakarta, nantinya ia akan  tinggal di rumah keluarga yang beda suku, agama, maupun ras.

"Jadi nantinya aku langsung praktek bagaimana cara bertoleransi dengan yang berbeda. Keluarga yang jadi orang tua asuh, sebelumnya juga sudah diseleksi lebih dulu. Jadi nanti ada 13 keluarga yg kami tinggali," jelasnya

Ada bebrapa agenda yang akan dijalaninya, mulai kelas pendidikan karakter, mengunjungi rumah-rumah ibadah, berdiskusi dengan para pemuka agama, mengunjungi kantor-kantor perusahaan besar, dan sebagainya. 

"Jadwalnya memang padat, tapi di sela kegiatan, ada sesi jalan-jalannya juga kok, ada pikniknya," ujarnya.

BACA JUGA: Mengajar di SMPN 3 Batang, Kapolres Batang Kampanyekan Anti Bullying

Putri kedua dari pasangan Unggun Wijaya Sakti dan Sri Diah Litania ini sudah mengantongi berbagai juara sejak masih PAUD. Mulai lomba bercerita, puisi, taekwondo, pencak silat, berpidato, hingga MUA (Make Up Artist). Dia juga punya hobi memasak membuat kerajinan tangan. 

Ditanya tentang cita-citanya, nadi mengatakan, bahwa sejak kecil dia ingin masuk Akpol, menjadi perwira polisi. 

BACA JUGA:Gelar Pesantren Ramadan, SMPN 3 Batang Hadirkan Materi Keislaman Seputar Remaja

"Aku ingin masuk Akademi Kepolisian, menjadi perwira polisi perempuan yang adil dan tegas. Karena aku suka tantangan dan menurutku itu profesi yang menantang dan keren. Masih ada hubungannya dengan hobiku juga, bela diri," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan