5 Kiat Menanam dan Merawat Tabulampot

5 Kiat Menanam dan Merawat Tabulampot

Tabulampot jeruk lemon-botaniseedipb.com-

Pastikan memilih bibit yang bebas dari hama dan penyakit tanaman. Untuk memastikan itu bibit unggul, kita bisa memilih bibit yang memiliki sertifikat. Sudah banyak tempat yang menjual bibit bersertifikat.

Baca lagi:12 Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema, Dijamin Tumbuh Subur dan Banyak Anakan

2. Penyiapan media tanam

Media tanam untuk tabulampot harus mampu menyimpan air dan nutrisi. Secara umum, media tanam tabulampot dari campuran tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Bisa juga menggunakan campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kambing, dengan perbandingan yang sama. 

3. Pemilihan pot

Pot sebagai tempat media tanam disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pot terbaik terbuat dari tanah liat dan kayu. Sebab memiliki tingkat kelembaban dan temperatur yang stabil. Kelemahannya, pot tanah liat dan kayu kurang tahan lama.

Selain kedua jenis pot di atas, pot lainnya bisa menggunakan drum bekas dan pot berbahan plastik. 

Untuk memudahkan pengawasan saat akar tumbuh dan tidak menembus tanah, pilih pot yang memiliki kaki. Pot dengan kaki ini juga bagus untuk aliran drainase. 

4. Penanaman bibit tanaman

Jika media tanam, pot, dan bibit sudah siap, maka tanaman siap ditanam. Caranya, isi dasar pot dengan pecahan genteng. Satu lapis saja. Di atas lapisan genteng diisi dengan sabut kelapa atau ijuk satu lapis. Lalu, di atasnya diisi dengan media tanam sampai setinggi setengah pot. 

Pangkas daun jika terlalu lebat, buka polibag bibit. Selanjutnya, letakkan bibit di tengah-tengah pot. Timbun dengan media tanam hingga ke pangkal batang bibit.

Tekan-tekan media tanam agar padat. Siramlah dengan air secukupnya untuk kelembaban.

Baca juga:7 Cara Merawat Adenium yang Baik dan Benar Agar Dapat Berbunga dengan Lebat

5. Perawatan tabulampot

1) Penyiraman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: