Wali Kota Akan Instruksikan Kecamatan dan Kelurahan Manfaatkan Lahan

Wali Kota Akan Instruksikan Kecamatan dan Kelurahan Manfaatkan Lahan

TANAM - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid saat menanam pohon alpukat dalam kegiatan Launching Aksi Perubahan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kecamatan Pekalongan Selatan.-Ainul Atho-

KOTA - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid akan melakukan koordinasi dan memberikan instruksi kepada semua perangka kecamatan dan kelurahan di Kota Pekalongan untuk bisa mengakomodir lahan-lahan produktif di wilayahnya. Selanjutnya, mereka diminta memaksimalkan lahan tersebut untuk ditanami.

Selain itu, Wali Kota juga mengajak masyarakat dapat memanfaatkan lahan di sekitar rumah masing-masing. Langkah itu dilakukan sebagai salah satu upaya bersama untuk melakukan penghijauan.

"Kalau lihat di berita-berita ini yang masih menjadi perhatian adalah Kota Jakarta yang mana menjadi salah satu kota paling banyak polusi di dunia. Oleh karena itu, Kota Pekalongan harus mempersiapkan untuk melakukan upaya penghijauan, salah satunya dengan penanaman pohon alpukat yang digiatkan oleh Kecamatan Pekalongan Selatan," ucapnya usai kegiatan Launching Aksi Perubahan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kecamatan Pekalongan Selatan, belum lama ini.

Menurutnya, masyarakat harus memaksimalkan lahan kosong dan pekarangan rumah untuk bisa  ditanamai cabai, tomat, alpukat dan sebagainya sebagai langkah penghijauan. Disamping pohon itu bermanfaat menghasilkan buahnya, juga akan bermanfaat untuk sirkulasi udara segar yang baik untuk tubuh manusia dan mengurangi polusi udara.

"Pada kegiatan ini, kami menanam sekitar 100 bibit pohon alpukat di luasan tanah aset pemkot disini sekitar 7.000 meter persegi. Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa menjadi pemicu semangat untuk kecamatan dan kelurahan-kelurahan lain agar bisa melakukan kegiatan serupa. Jangan sampai polusi semakin tinggi dan tidak dibarengi dengan penanaman pohon dan  sebagainya," tegasnya.

Sementara Camat Pekalongan Selatan, Rusmani Budiharjo menerangkan, dipilihnya penanaman pohon alpukat ini dilatarbelakangi dari permintaan kelompok-kelompok Tani Jenggot yang ingin memanfaatkan lahan produktif untuk ditanami pohon alpukat jenis miki yang cocok ditanam di dataran rendah sehingga sangat cocok dibudidaya di Kelurahan Jenggot.

"Kami membeli bibit pohon yang tingginya kurang dari 1 meter. Kami bersama kelompok tani Jenggot telah berkomitmen untuk bersama-sama merawat pohon yang sudah ditanam. Selain pohon itu bermanfaat untuk pemenuhan produktivitas masyarakat juga bisa untuk pemenuhan kebutuhan supplay oksigen," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: