4 Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan, Bisa Gunakan Ramuan Herbal Buatan Sendiri

4 Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan, Bisa Gunakan Ramuan Herbal Buatan Sendiri

Entok diumbar untuk bergerak di kandang umbaran.-Hadi Waluyo-

Kuncinya harus sabar dan konsisten dalam melakukan cara berikut ini seperti dilansir gdmorganic.com, agar entok makannya bagus:

1) Cek kesehatan entok secara berkala

Pastikan entok sehat sehingga nafsu makannya normal. Untuk itu, cek kesehatan entok secara berkala dan konsisten. Dengan cara ini, kita bisa mengetahui jika ada entok yang terserang penyakit atau tidak.

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan entok secara rutin, misal sebulan sekali, maka bisa mencegah penyakit lebih parah, memangkas kerugian, hingga menyelamatkan nyawa entok itu sendiri.

Untuk memeriksa kesehatan entok terserang penyakit atau tidak, periksa setiap bagian dari entok, seperti mata, hidung, paruh, telinga, kaki, hingga anusnya.

Entok yang sehat memiliki mata yang bersih dari segala macam kotoran dan lendir. Matanya bulat dan cerah. Paruhnya juga harus bersih dari kotoran dan tidak mengeluarkan air liur yang terlalu berlebihan.

Entok yang sehat hidung dan telinganya bersih dari lendir. Selain bentuk kakinya normal, kaki entok yang sehat harus kuat saat berjalan dan berdiri. 

Penyakit yang menyerang entok sangat banyak, seperti influenza, salmonellosis, fowl cholera, fowl pox, botulismu, dan coccidiosis.

Gejala penyakit influenza, kaki berdarah, diare, dan cairan pada bagian mata, hidung, serta paruh. Penyakit ini menular melalui kotoran sesama entok.

Gejala penyakit salmonellosis, diare yang sangat encer dengan warna agak kuning, sulit bernapas, hidung berlendir, kesulitan berjalan hingga mengalami kelumpuhan.

Untuk fowl cholera, entok tampak sangat lesu, suhu badan sangat tinggi, diare, hingga kesulitan bernapas. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menular sangat cepat melalui kotoran dan makanan.

Fowl pox atau cacar pada unggas membuat entok kesulitan bernapas, lesu, muncul bintik pada tubuhnya, bagian mata hingga hidung mulai berlendir. Penyakit ini disebabkan oleh virus.

Penyakit botulisme akan membuat entok mengalami diare, malas bergerak, hingga mengalami kerontokan bulu. Gejala dari penyakit coccidiosis, entok mencret disertai darah. Penyakit ini menyerang bagian pencernaan entok. 

Dengan mengetahui segala jenis penyakit yang menyerang entok, akan diketahui tindak lanjut pencegahannya. Hal ini tentu akan menyelamatkan populasi entok di kandang.

2) Pemberian pakan yang sesuai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: