4 Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan, Bisa Gunakan Ramuan Herbal Buatan Sendiri

4 Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan, Bisa Gunakan Ramuan Herbal Buatan Sendiri

Entok diumbar untuk bergerak di kandang umbaran.-Hadi Waluyo-

Cara mengatasi entok susah makan adalah dengan memberikan pakan yang sesuai. Banyak pakan yang bisa diberikan kepada entok. Namun, harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi. Entok yang baru lahir memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan entok yang sudah dewasa.

Pakan yang cocok untuk entok berumur 1 sampai 14 hari adalah pakan konsentrat, seperti pelet. Pakan pelet memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi entok.

Entok yang masih kecil sangat membutuhkan kalsium, fosfor, berbagai jenis vitamin, serta protein yang banyak.

Pada saat entok berumur 15 hari sampai 35 hari, berikan jagung, dedak, atau ampas tahu. Pada usia ini, perkembangan entok sangat pesat sehingga membutuhkan energi yang sangat banyak. Memberikan makanan yang kaya karbohidrat serta protein akan membantunya lebih cepat tumbuh.

Berikan bungkil kedelai, jagung giling, ampas tahu, atau pelet untuk entok yang sudah dewasa atau dengan umur lebih dari 35 hari. Entok yang sudah dewasa tetap membutuhkan protein agar memiliki badan yang besar. Untuk entok yang bertelur, kebutuhan protein harus lebih banyak.

3) Penggunaan ramuan herbal

Langkah lainnya untuk mengobati entok yang tidak mau makan dengan memberikan ramuan herbal. Ada banyak resep ramuan herbal yang dapat dibuat sendiri untuk membantu meningkatkan nafsu makan entok.

Ramuan herbal yang tepat akan membuat entok lebih kebal dari penyakit hingga meningkatkan stamina. Beberapa bahan ramuan herbal yang dapat digunakan adalah kunyit, daun sirih, temulawak, daun pepaya, lengkuas, bawang putih, dan jahe.

Kunyit mengandung anti bakteri dan anti radang yang bisa melancarkan pencernaan entok. Daun sirih mengandung anti jamur sehingga juga berperan untuk meningkatkan sistem pencernaan entok.

Temulawak berfungsi untuk membuang berbagai racun dalam tubuh entok. Daun pepaya terkenal bisa meningkatkan nafsu makan entok. Lengkuas bisa menetralkan racun yang ada pada tubuh entok.

Bawang putih bisa meningkatkan stamina entok sambil menjaga kekebalan tubuhnya. Jahe juga berfungsi untuk membuat stamina entok semakin meningkat.

Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu dan hancurkan bersamaan. Tambahkan campuran ramuan herbal tersebut ke dalam pakan atau minuman entok.

Untuk hasil yang maksimal, berikan ramuan herbal ini kepada entok setiap hari. Dalam waktu beberapa minggu, nafsu makan entok akan kembali tinggi.

4) Pemberian suplemen untuk entok

Selain ditunjang dengan ramuan herbal, pemberian suplemen sebagai penunjang untuk meningkatkan nafsu makan entok juga bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: