Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin D Paling Simpel, Simak 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin D Paling Simpel, Simak 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Memenuhi Asupan Vitamin D --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Memenuhi asupan vitamin D sebenarnya sangat gampang sekali. Cukup lakukan 5 tips yang ada di artikel ini, kebutuhan vitamin D pun bisa terpenuhi.

Pemenuhan asupan vitamin D ini penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Kekurangan asupan vitamin D bisa berakibat fatal.

Contoh penyakit yang fatal adalah depresi, kenker, rakhitis dan osteoporosis. Maka kalau tidak mau mengalami penyakit tadi, kamu perlu memenuhi asupan vitamin D.

Terutama untuk memelihara kepadatan tulang. Sebab kalau sampai kekurangan vitamin D malah bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Tanda Kalau Kamu Lagi Kekurangan Vitamin D, Rambut Mudah Rontok

BACA JUGA:Inilah Daftar 5 Buah yang Mengandung Vitamin D, Penting untuk Kesehatan Tulangmu

Untuk memenuhi asupan vitamin D bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara tersebut diantaranya bisa simak penjelasan detailnya berikut ini.

1. Konsumsi Ikan dan Seafood

Salah satu cara agar dapat memenuhi asupan vitamin D adalah makan seafood dan ikan yang berlemak. Karena makanan tadi kaya akan vitamin D di dalamnya.

Misalnya saja satu porsi salmon 3,5 ons (100 gram) ada kandungan vitamin D sampai 386 IU. Jadi sangat bagus untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tentang vitamin D.

Setidaknya jumlah tersebut daapat setara dengan 50 persen asupan vitamin D harian. Kamu bisa makan ikan tuna, tiram, sarden, udang dan ikan teri yang mengandung vitamin tersebut.

Sumber makanan yang berasal darilaut biasanya mengandung kandungan nutrisi vitamin D tinggi. Cocok untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Berjemur di Pagi Hari

Cara paling gampang dan murah adalah berjemur di pagi hari. Kamu bisa memenuhi asupan vitamin D melalaui sinar matahari pagi.

Kulit yang bersentuhan dengan sinar matahari secara langsung akan membentuk vitamin D. Cara kerjanya kolesterol di dalam kulit akan menbentuk vitamin D.

Cukup berjemur diantara jam 8 sampai 10 pagi. Waktu-waktu tersebut pas untuk beerjemur diri. berjemur di pagi hari termasuk cara memenuhi vitamin D paling gampang karena tinggal menyempatkan waktu saja.

3. Makan Jamur

Salah satu cara untuk memenuhi asupan vitamin D adalah makan jamur. Hal ini karena jamur adalah makanan yang berseumber dari nabati.

Tapi kamu perlu hati-hati memilih sumber nabati ini. Karena banyak jenis jamur yang ada di luar sana. Jadi jangan sampai milih jamur yang beracun karena bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Kamu bisa konsumsi jenis jamur diantaranya jamur merang, jamur tiram, jamur kancing, jamur shimeji, jamur shitake, enoki dan maitake.

Kalau kamu tidak punya waktu luang untuk mencarinya bisa langsung pesan saja lewat online. Karena sekarang pun tersedia juga di pasaran marketplace.

4. Susu Kedelai dan Unsur Nabati Lainnya

Memenuhi asupan vitamin D bisa menggunakan beberapa jenis makanan yang bersumber dari nabati. Misalnya saja susu kedelai, almond, sereal adalah makanan yang bersumber dari nabati dan banyak mengandung vitamin D.

Pastikan vitamin D ini terdapat dalam kadar yang cukup untuk memenuhi asupan harian. Jangan sampai asupan harian Vitamin D ini di bawah nilai yang seharusnya.

Susu kedelai memiliki kandungan vitamin D yang dapat diandalkan oleh tubuh. Begitu pun juga sereal siap santap karena terbuat dari gandum pilihan yang berkualitas.

Jus jeruk juga bisa dijadikan sebagai minuman pelengkap pagi hari. Jadi setelah makan sereal pada siang hari bisa langsung minum jus jeruk untuk penuhi vitamin C.

5. Kuning Telur

Cara memenuhi asupan vitamin D harian bisa menggunakan kuning telur. Hal ini karena kuning telur mengandung vitamin D harian untuk tubuh.

Lebih bagusnya lagi kuning telur ayam liar yang lebih banyak mengandung vitamin D. Setidaknya kandungan vitamin D pada ayam liar adalah 2 sampai 5 persen dari nutrisi yang ada. Maka dari itu baik untuk kesehatan tubuh terutama tulang.

Itulah beberapa cara memenuhi asupan vitamin D harian untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika kebutuhan vitamin D untuk tubuhmu terpenuhi, maka berbagai risiko penyakit berat pun bisa dihindari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc