Cara Membuat Pakan Entok Alternatif Berkualitas, Dijamin Murah Dan Ekonomis, Cocok untuk Skala Rumahan

Cara Membuat Pakan Entok Alternatif Berkualitas, Dijamin Murah Dan Ekonomis, Cocok untuk Skala Rumahan

Agar tumbuh sehat entok harus diberi pakan berkualitas. Pakan tak harus beli, namun bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan di sekitar rumah.-Tangkapan layar freepik.com-

7. Daun pepaya, daun singkong, daun pace, atau daun belimbing asam, atau limbah sayur di pasar. Bisa dipilih salah satu dedaunan ini. Potong kecil-kecil. 

Baca lagi:Cara Budidaya Ternak Entok di Pekarangan Rumah untuk Pemula, Praktis dan Menguntungkan

Cara membuatnya:

1. Besihkan semua bahan pakan

2. Rebus keong hingga setengah matang

3. Gilinglah kulit pisang dan keong tersebut boleh dengan cangkangnya atau dipisah dengan penggilingan manual daging. Simpan di wadah yang berbeda.

4. Ambil ember masukan 1/2 air, dedak 1 kilo, tepung roti, keong yang sudah digiling, pisang yang sudah digiling, cacing tanah yang sudah digiling serta potongan daun aduk hingga merata dengan menggunakan tangan.

5. Setelah semuanya diaduk dan menjadi bahan adonan siapkan mesin giling manual. Gilinglah bahan tersebut hingga menjadi pakan. Jangan lupa siapkan wadah untuk tempat hasil gilingan tersebut dengan dedak secukupnya, aduk agar tidak lengket. Setelah jadi bebentuk pakan boleh dijemur 1/2 kering atau diberikan pada entok.

Baca juga:5 Penyakit Pada Entok, Cara Pencegahan dan Pengobatannya

Itulah alternatif pakan entok berkualitas yang hasilnya sangat memuaskan. Yang tetap harus kita ingat adalah kreatifitas kita dalam membuat pakan. Carilah bahan pakan ternak entok yang paling murah dan mudah kita dapatkan, namun tetap memperhatikan nutrisi. 

Begitu pula dengan resep alternatif pakan entok berkualitas di atas, dapat dimodifikasi sendiri sesuai dengan bahan yang banyak tersedia di sekitar kita. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: