Festival Literasi Pekalongan 2023 Resmi Dibuka, Upaya Tingkatkan Gemar Membaca

Festival Literasi Pekalongan 2023 Resmi Dibuka, Upaya Tingkatkan Gemar Membaca

Dibuka - Dibuka festival literasi 2023, pembukaan buku dan pameran multi produk yang berlangsung sepekan di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Senin (18/9/2023).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Festival Literasi Pekalongan 2023 dengan tema “Merajut Mimpi dalam Sebuah Karya" resmi dibuka, Senin (18/9/2023) di Halaman Lapangan Mataram Kota Pekalongan.

Kegiatan yang diinisiasi pemerintah Kota Pekalongan melalui melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) bersama seluruh instansi setempat ini berlangsung guna membangun kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat mampu mendongkrak nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).

Turut hadir dalam membuka acara Festival Literasi Pekalongan 2023, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Festival Literasi yang menurutnya paling besar dan spektakuler di adakan Dinarpus kota Pekalongan hingga sepekan kedepan.

"Alhamdulillah di bidang literasi sendiri kita sudah banyak mendapatkan banyak penghargaan. Indeks Literasi membaca masyarakat Kota Pekalongan juga naik. Tetapi yang masih menjadi kendala atau tantangan, belum adanya brand toko buku besar di Kota Pekalongan," kata Aaf sapaan Walikota Pekalongan.

Mengingat hal tersebut, Aaf berharap kedepan dengan diadakannya Festival Literasi Pekalongan 2023 ini akan ada minat investor untuk bersama meningkatkan gemar baca masyarakat Pekalongan.

Disamping itu, penggunan masyarakat akan teknologi terutama gadget juga diharapkan bisa diimbangi untuk bisa gemar membaca. Sala satunya dengan mengakses layanan literasi yang ada di E-Dinarpus Kota Pekalongan. 

"Di dalamnya terdapat informasi buku apapun yang ada di koleksi Dinarpus Kota Pekalongan ini bisa diakses masyarakat. Dan pelayanan semua sudah gratis," katanya.

Disela pembukaan Aaf juga berkunjung dibeberapa stand Festival Literasi Pekalongan 2023. Dan menurutnya bahan bacaan buku yang tersedia disana tergolong dijual dengan harga terjangkau.

"Tadi kita keliling buku sekarang termasuk sudah tidak terlalu mahal terutama edukasi pembelajaran anak -anak masih sangat terjangkau harga mulai Rp 3ribu sampai 10 ribu ada. Mudah - mudahan besok dan seterusnya sampai tanggal 24 edukasi kepada sekolah-sekolah untuk hadir di Festival Literasi ini bisa memberikan dampak kemeraka untuk gemar membaca," tutupnya.

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso turut menambahkan bahwa dalam kegiatan Festival Literasi Pekalongan 2023 ini akan ada 45 stand dari berbagai kota. Serta, 40 stand multi produk dan 105 stand kuliner, 10 stand OPD/Sekolah/Perpustakaan Masyarakat yang nantinya akan berlangsung selama sepekan sejak tanggal 18 hingga 24 September 2023.

"Festival akan diisi berbagai kegiatan seperti Talkshow Bunda Literasi, Talkshow Bahasa Isyarat untuk para pimpinan OPD, Kegiatan Ayo Membaca yang diikuti 1.000 pelajar, hingga pelatihan merajut dan pelatihan membuat minuman aneka kekinian untuk para saudara difabel dan karangtaruna. Jadi festival ini komplit," katanya.(ap3)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: