Begini 5 Manfaat Diet Tinggi Protein Bagi Tubuh, Efektif Turunkan Berat Badan

Begini 5 Manfaat Diet Tinggi Protein Bagi Tubuh, Efektif Turunkan Berat Badan

Manfaat diet tinggi protein --Freepik.com

Manfaat diet tinggi protein salah satunya dapat membakar kalori. Dibandingkan dengan karbohidrat, protein lebih tinggi efek termalnya.

Efek termal adalah kalori yang digunakan untuk fungsi sistem metabolisme tubuh. Asupan protein lebih tinggi proses pengolahan metabolisme tubuh.

Jadi intinya setiap 100 kalori protein hanya yang tersisa 70 kalori yang dapat digunakan. Hanya 30 persen saja yang digunakan untuk kerja sistem metabolisme protein.

3. Membakar Kalori Saat Tidur

Kalian perlu tahu bahwa manfaat diet tinggi protein ini dapat membakar kalori lebih banyak saat tidur. Hal ini terjadi karena asupan protein daya termalnya lebih tinggi.

Manfaat diet tinggi protein bagi tubuh efektif dalam menurunkan berat badan. Dapat membakar setidaknya 100 kalori per hari.

Diet tinggi protein ini lebih unggul dibandingkan dengan diet rendah protein. Sebab kalori yang dibakar pun lebih sedikit jumlahnya.

4. Mencegah Penyusutan Otot dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat diet tinggi protein ini adalah dapat memperkuat otot. Asupan protein yang cukup setiap harinya akan memperkuat otot.

Sedangkan kalau tidak melakukan diet tinggi protein akan melemahkan massa otot. Hal ini karena kalori makin hari makin banyak.

Penurunan berat badan bisa efektif kalau menggunakan manfaat diet tinggi protein. Sehingga efektif dalam membakar lemak di bawah kulit dan sekitar organ tubuh.

Menunpuknya kalori di dalam tubuh ada efek samping terhadao penyusutan otot. Ketika penyusutan otot ini terjadi maka massa otot menurun.

Maka dibutuhkan protein untuk membakar kalori di dalam tubuh. Sehingga penurunan lemak dapat terjadi dan penguatan massa otot dapat meningkat.

5. Mengurangi Nafsu Makan

Konsumsi camilan yang kaya protein akan membuat perut terasa kenyang. Ketika perut sudah terasa kenyang maka nafsu makan pun berkurang.

Sudah dibuktikan beberapa penelitian kalau orang yang sering makan protein, maka akan mengurangi kadar kalori dalam tubuh. Inilah salah satu manfaat diet tinggi protein yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Jadi asupan protein yang cukup akan membuat lemak jadi berkurang. Hal ini karena protein membantu pembakaran lemak.

Itulah manfaat diet tinggi protein yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Agar berat badan bisa tetap ideal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc