Pemkab Siap Lestarikan Olahraga Tradisional

Pemkab Siap Lestarikan Olahraga Tradisional

Yarsono, Kepala Disparpora Batang-Dhia Thufail-

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang siap melestarikan sejumlah jenis olahraga tradisional seperti egrang, gobak sodor, dan senam aerobik untuk menjaga kebugaran tubuh manusia sekaligus sebagai sarana permainan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, Yarsono mengatakan, bahwa saat ini jenis olahraga seperti egrang dan gobak sodor jarang ditemukan di tengah masyarakat seiring dengan adanya kemajuan teknologi.

"Oleh karena itu, kami mengupayakan olahraga tradisional tersebut bisa digemari lagi olah masyarakat karena selain bisa meningkatkan kebugaran tubuh juga sebagai sarana rekreasi dan permainan," katanya, Senin (18/9/2023).

Menurut Yarsono, setiap daerah di Indonesia pasti memiliki jenis olahraga tradisional seperti di wilayah Jawa Tengah ada permainan egrang dan gobak sodor.

Terpisah, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Kabupaten Batang, Karyono mengatakan, bahwa olahraga tradisional ini selain memiliki sifat ringan juga menghibur diri sendiri maupun orang lain.

Selama ini, kata dia, keberadaan olahraga tradisional belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga pihaknya berupaya untuk mengenalkan jenis olahraga tradisional itu pada masyarakat.

Rencananya, kata dia, pihaknya akan menggelar lomba olahraga tradisional seperti egrang, gobak sodor, bersepeda ontel, layang-layang, dan ketapel.

"Yang pasti, olahraga tradisional ini tidak hanya mendapatkan badan yang sehat saja namun juga perasaan yang menggembirakan," tandasnya. (fel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: