Gara-gara Buang Puntung Rokok Sembarangan, Tempat Pengumpulan Getah Pinus Gondang Terbakar

Gara-gara Buang Puntung Rokok Sembarangan, Tempat Pengumpulan Getah Pinus Gondang Terbakar

Tempat pengumpulan getah (TPG) pinus di Desa Tenogo, Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, terbakar.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Gara-gara buang puntung rokok sembarangan, tempat pengumpulan gerah (TPG) pinus Gondang milik Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur di RPH Paninggaran BKPH Paninggaran di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Selasa malam, 19 September 2023.

Suwarno (40), warga Dukuh Gondang, Desa Tenogo, mengatakan, kebakaran tempat pengumpulan getah pinus ini terjadi sehabis salat Isya, atau sekitar pukul 19.15 WIB.

Lokasi TPG ini tepat berada di Jalan Raya Paninggaran, sehingga kebakaran itu menarik perhatian pengguna jalan yang malam itu melintasi wilayah pegunungan Paninggaran.

"Alhamdulillah kebakaran bisa teratasi dengan datangnya mobil damkar. Ndak merembet ke kawasan hutan di belakangnya," kata dia.

Baca juga:Gara-gara Puntung Rokok, Hutan Pinus di Petak 71A Lambanggelun Terbakar

Kapolsek Paninggaran AKP Agus Supriyono, menerangkan, kebakaran TPG Gondang di Desa Tenogo terjadi sekitar pukul 19.15 WIB. Lokasi TPG itu berada di Petak 55 RPH Paninggaran BKPH Paninggaran, Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur. 

Menurutnya, sumber api diduga berasal dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. "Warga buang puntung rokok sembarangan yang akhirnya membakar semak-semak dan merembet ke gudang getah," terang dia.

Begitu mendapatkan informasi kebakaran gudang getah tersebut, petugas Perhutani bersama-sama dengan masyarakat, penyadap, lembaga masyarakat desa hutan, anggota Koramil Paninggaran, Polsek Paninggaran, dan Damkar Kabupaten Pekalongan memadamkan api. Api dapat dipadamkan pada pukul 21.00 WIB.

Akibat kebakaran itu, 205 kilo getah pinus terbakar, lima biji fiber terbakar, timbangan duduk dua buah, meja dua buah, kursi empat buah dan bangunan TPG dengan luasan 6 meter X 4 meter ludes terbakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: