26.240 KPM di Kota Pekalongan Terima Bantuan Pangan

26.240 KPM di Kota Pekalongan Terima Bantuan Pangan

BANTUAN PANGAN - Kegiatan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap II tahun 2023 untuk warga di salah satu kelurahan di Kota Pekalongan, baru-baru ini.-Wahyu Hidayat-

KOTA - Bantuan pangan cadangan beras pemerintah untuk 26.240 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Pekalongan untuk periode September 2023 telah tersalurkan pada 12 sampai 15 September lalu. Penyaluran telah dilakukan Pemkot Pekalongan ke masing-masing KPM di tiap kelurahan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, Mu'adi, menjelaskan bahwa penyaluran bantuan pangan ini merupakan tindak lanjut hasil rakor Tim Pengendali Inflasi Daerah dengan Kementerian Dalam Negeri. 

Penyaluran bantuan pangan ini sendiri merupakan tahap II di tahun 2023. Nantinya, penyaluran akan kembali dilakukan pada Oktober dan November mendatang.

Pemerintah Pusat telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk menyalurkan bantuan cadangan pangan bagi kelompok rentan. Kelompok rentan sebagai KPM dimaksud, adalah mereka yang masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

"Masing-masing KPM menerima beras 10 kilogram dengan kualitas medium. Kami berupaya memenuhi kekurangan pangan pada kelompok rentan rawan pangan," Mu'adi, Rabu (20/9/2023).

Rincian dari 26.240 KPM yang menerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah ini, yakni di Kecamatan Pekalongan Utara sebanyak 8.072 KPM, Kecamatan Pekalongan Barat 7.659 KPM, Kecamatan Pekalongan Timur 5.926 KPM, dan Kecamatan Pekalongan Selatan 4.583 KPM.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Perum Bulog Cabang Pekalongan mulai menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II periode September–November Tahun 2023 untuk warga Kota Pekalongan, pada Selasa (12/9/2023).

Dimulainya penyaluran bantuan ini ditandai dengan pelepasan truk pembawa Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah dari Gudang Bulog Bondansari oleh Wakil Pimpinan Cabang Bulog Pekalongan Wahyu Tri Hutomo, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan Mu'adi dan Kepala Gudang Bulog Bondansari Yudha Oktori Setiadi.

Wakil Pimpinan Cabang Bulog Pekalongan Wahyu Tri Hutomo mengatakan bahwa alokasi Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah untuk Kota Pekalongan tiap bulannya adalah untuk 26.240 KPM.

Masing-masing KPM atau PBP (Penerima Bantuan Pangan) akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram tiap bulannya, dan akan disalurkan sebulan sekali pada bulan September, Oktober, dan November 2023.

"Untuk Kota Pekalongan, alokasinya tiap satu bulannya sebanyak 26.240 KPM, masing-masing mendapatkan 10 Kg. Jadi, tiap bulan kita salurkan sekitar 260 ton beras kualitas medium untuk Kota Pekalongan," katanya.

Wahyu Tri Hutomo menuturkan penyaluran bantuan pangan kali ini merupakan tahap II tahun 2023, setelah sebelumnya pada tahap I telah disalurkan pada bulan Maret, April, dan Mei. (way)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: