Jokowi Gratiskan Pelanggan Listrik 450 VA 3 Bulan, Diskon 50% untuk 900 VA

Jokowi Gratiskan Pelanggan Listrik 450 VA 3 Bulan, Diskon 50% untuk 900 VA

Presiden Jokowi mengikuti KTT Luar Biasa Virtual G20 soal pandemi corona. Foto : Twitter/setkabgoid

Presiden Joko Widodo mengatakan, akan fokus pada masyarakat kecil dalam menghadapi imbas dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Termasuk, di antaranya, memberi gratis tarif listrik terhadap puluhan juta pelanggan.

Dalam keterangan persnya, Jokowi mengatakan gratis tarif listrik terhadap masyarakat itu adalah untuk pelanggan 450 VA.

"Yang jumlahnya 24 juta pelanggan akan digratiskan 3 bulan ke depan, untuk April Mei dan Juni 2020," ujar Presiden Jokowi, dalam keterangan pers di Istana Bogor, Selasa 31 Maret 2020.

Pelanggan untuk 450 VA ini memang banyak digunakan oleh masyarakat miskin. Sehingga diharapkan, imbas Covid-19 ini bisa meringankan beban mereka. Sementara itu, jelas Jokowi, pemerintah juga memberikan kelonggaran untuk pelanggan listrik 900 VA.

"Yang jumlahnya 7 juta pelanggan (900 VA) akan di diskon 50 persen. Artinya hanya separuh untuk April, Mei dan Juni 2020," kata mantan Gubernur DKI itu.

Jelas Jokowi, pemerintah mengambil keputusan untuk menetapkan status akibat wabah Covid-19 perlu banyak perhitungan. Tidak bisa mencontoh negara lain karena banyak aspek yang juga berbeda.

Tetapi yang jelas, kata dia, pemerintah tetap harus menyiapkan jaring pengaman sosial. Untuk itu, ia memfokuskan pada penyelamatan elemen paling bawah, yakni masyarakat kecil.

"Saya akan fokus pada penyiapan bantuan untuk masyarakat lapisan bawah," katanya. (viva)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: