Dinkes Batang Hadirkan Kanal Aduan, Pastikan Respon

Dinkes Batang Hadirkan Kanal Aduan, Pastikan Respon

MUDAH DIAKSES - Sekretaris Dinkes Batang, Ida Susilaksmi, saat menunjukkan portal layanan kanal aduan milik Dinkes yang mudah diakses masyarakat.-Dhia Thufail-

BATANG – Di era keterbukaan informasi publik, Dinas Kesehatan Kabupaten Batang memilih untuk menghadirkan kanal aduan bagi masyarakat di daerah setempat.

“Kami kini memiliki layanan konsultasi dan layanan pengaduan yang kami beri nama ‘KONLAPORBAE’ (Layanan Konsultasi dan Layanan Pengaduan Online Responsif Berbasis Elektronik),” ujar Sekretaris Dinkes Batang, Ida Susilaksmi, kemarin.

Portal tersebut, kata dia, dapat diakses melalui gawai dan secara cepat direspons oleh tim yang melakukan pemantauan tiap 8 jam sekali, untuk segera ditindaklanjuti ke bidang atau layanan yang diadukan.

Menurutnya, aduan dari masyarakat yang selama ini disampaikan melalui beberapa platform digital justru memperlambat respons petugas dalam menanggapi tiap aduan. 

“Kalau melihatnya saja terlambat, otomatis tindak lanjutnya pun lambat. Namun diharapkan, melalui portal konlaporbae-dinkes.batangkab.go.id yang memadukan dua layanan sekaligus ini bisa mengefektifkan pelayanan,” katanya.

Masyarakat dapat memantau langsung sampai sejauh mana kecepatan respon petugas terhadap aduan maupun konsultasi yang disampaikan, hingga menindaklanjutinya sampai tuntas.

“Keluhan warga selama ini seputar layanan di Puskesmas maupun Dinas Kesehatan. Dalam kurun waktu setahun, Dinkes Batang mendapatkan lebih dari 50 aduan,” terangnya.

Ia juga menegaskan, jangan memandang negatif sebuah aduan, justru itu merupakan wujud perhatian masyarakat demi peningkatan kualitas layanan kesehatan di Dinas Kesehatan dan 21 Puskesmas se-Kabupaten Batang.

Sejauh ini, Puskesmas menanggapi positif dari sosialisasi tentang website tersebut. “Mereka tidak terbebani karena sejalan dengan era layanan yang serba digital,” ujar dia. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: