Kenali 5 Tanda Anak Kesulitan di Sekolah yang Perlu Diketahui Orang Tua.

Kenali 5 Tanda Anak Kesulitan di Sekolah yang Perlu Diketahui Orang Tua.

Tanda anak kesulitan di sekolah yang harus orang tua ketahui --Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Jika kamu mempunyai anak usia sekolah, pernahkah kamu menjumpai anak yang terlihat kurang antusias? Jika iya, ambillah langkah-langkah untuk memotivasi dia agar kembali semangatnya. Itu ide yang bagus.  

Terkadang anak cenderung tidak memberitahu orang tua atau gurunya ketika mempunyai masalah dan tidak berbicara terbuka mengenai masalah yang dihadapinya di sekolah. Sebab, anak takut dan malu untuk mengungkapkannya. 

Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui apa saja tanda-tanda jika anaknya mengalami kesulitan di sekolah. Di bawah ini kami rangkum apa saja tanda-tanda tersebut.  

 1. Selalu menolak jika menyangkut sekolah.  

Jika anak kamu tiba-tiba tidak mau memberi tahu kamu apa yang terjadi di sekolah atau apa yang dipelajarinya di sekolah, itu bisa jadi pertanda ada sesuatu yang terjadi di sekolah. Apalagi jika anak tersebut sebelumnya terbuka dan banyak bicara.

 Kamu bisa bertanya kepada anak kamu secara langsung dan perlahan agar ia terbuka. Apalagi ketika terjadi sesuatu, saya menyarankan sesuatu yang positif dan segera mengambil tindakan. 

BACA JUGA:Apa Sih Pentingnya Menemani Anak Belajar Di Rumah? Yuk Simak Ulasannya!

BACA JUGA:Bagaimana Menilai Anak Siap Masuk SD? Simak 5 Tandanya!

Namun jika kamu merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada anak kamu, konsultasikan dengan guru sekolah agar masalah tersebut segera teratasi. 

 2. Mengalami perubahan sikap terhadap sekolah 

Jika sebelumnya seorang anak mempunyai sikap positif terhadap sekolah, namun kemudian sikapnya berubah, itu tandanya telah terjadi sesuatu pada dirinya.  

Hal ini biasanya terlihat dari sikap anak, seringkali anak menjadi marah atau acuh terhadap orang terdekatnya. 

Ada banyak faktor yang dapat mengubah perilaku anak, seperti masalah di sekolah seperti terlalu banyak pekerjaan rumah atau masalah dengan guru atau teman sekelas.  

Perubahan perilaku anak lainnya yang perlu diwaspadai adalah keluhan rasa bosan. Anak-anak seringkali mengeluh bosan ketika tidak memahami apa yang sedang terjadi di sekolah. Mungkin wajar jika anak mengalami perubahan sikap ini, namun sebagai guru atau orang tua, sebaiknya kamu mendidik anak kamu tentang perilaku yang baik dan membantu mereka memahami bahwa perilaku marah itu salah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: