Bisa Dicoba Di Rumah, Inilah 5 Media Tanam Kaktus yang Mudah Didapat, Auto Bikin Tanaman Kaktus Tumbuh Subur

Bisa Dicoba Di Rumah, Inilah 5 Media Tanam Kaktus yang Mudah Didapat, Auto Bikin Tanaman Kaktus Tumbuh Subur

Bisa Dicoba Di Rumah, Inilah 5 Media Tanam Kaktus yang Mudah Didapat, Auto Bikin Tanaman Kaktus Tumbuh Subur--Freepik

Arang sekam diketahui dapat membantu pertumbuhan akak tanaman kaktus. Selain itu arang sekam juga dapat membantu tanaman kaktus dalam penyerapan unsur hara karena arang sekam mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman kaktus.

3. Sabut Kelapa

Media tanam kaktus yang berikutnya yaitu sabut kelapa. Sabut kelapa merupakan salah satu media tanam yang cocok untuk tanaman kaktus karena sabut kelapa mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman kaktus.

Sabut kelapa terkenal sangat baik dalam membantu pertumbuhan akar tanaman kaktus. Namun karena sifatnya yang mudah mengikat air, maka sebaiknya penggunaan sabut kelapa sebagai media tanam kaktus hanya sebagai campuran saja.

Baca Juga: Tidak Perlu Takut Lagi, Inilah 9 Cara Merawat Kaktus Mini, Pemula Juga Bisa Melakukannya

4. Pupuk

seperti halnya tanaman lainnya, tanaman kaktus juga memerlukan pupuk dalam media tanamnya meskipun kebutuhannya tidak begitu banyak.

Pupuk yang dapat digunakan sebagai campuran media tanam untuk tanaman kaktus antara lain pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk NPK dan humus.

Selain itu, kalian juga dapat menambahkan pupuk cair khusus untuk tanaman kaktus yang dapat dibeli di toko pertanian.

5. Tanah Gembur atau Subur

media tanam kaktus yang terakhir yaitu tanah gembur atau subur. Media tanam ini dapat kalian gunakan apabila kalian ingin memelihara tanaman kaktus di halaman rumah (outdoor) dengan paparan sinar matahari yang intens.

Namun, bagi kalian yang ingin memelihara tanaman kaktus di dalam rumah (indoor) maupun semi outdoor, penggunaan tanah gembur atau subur tidak boleh terlalu banyak karena tanah yang gembur akan mengikat air dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan media tanam menjadi sangat lembab.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Tanaman Hias Daun Agar Terlihat Tetap Cantik dan Menarik

Apabila kalian tetap ingin menggunakan tanah gembur atau subur, kalian harus menambahkan media tanam lain yang bersifat porus. Seperti arang sekam, pasir malang, batu apung ataupun perlite yang mana perbandingan tanah tentunya harus lebih sedikit dibandingan media tanam yang bersifat porus agar media tanamnya memiliki porositas yang baik.

Itulah tadi beberapa jenis media tanam kaktus yang mudah didapat dan membuat tanaman kaktus tumbuh dengan subur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: