Kenali 4 Tipe Parenting Style Berikut Ini, yang Manakah Lebih Baik untuk Orang Tua Terapkan?

Kenali 4 Tipe Parenting Style Berikut Ini, yang Manakah Lebih Baik untuk Orang Tua Terapkan?

Tipe-tipe parenting style -freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tipe parenting Style setiap orang tua pasti berbeda-beda. Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya orang tua harus menerapkan parenting yang terbaik untuk anak demi kesejahteraan psikologisnya.

Nah untuk pengertian dari parenting style sendiri adalah pola asuh atau sikap orang tua dalam mendidik anak di sebuah keluarga. 

Beberapa bentuk dari sikap orang tua ini berupa pemberian hadiah, hukuman, menerapkan beberapa aturan untuk anak-anak, perhatian, bagaimana orang tua merespon dan bahkan otoritas dari orang itu tersebut.

Dalam proses parenting atau pengasuhan ini sebenarnya lebih mementingkan kualitas dibanding dengan kuantitas waktu yang dihabiskan oleh orang tua bersama anak. 

BACA JUGA:5 Cara Mengajarkan Self Love pada Anak Sejak Dini, Agar Anak Selalu Merasa Bahagia

Sebab parenting merupakan salah satu hal yang akan berdampak untuk tumbuh kembang anak. Jika dilakukan dengan benar sesuai dengan kebutuhan anak, maka tumbuh kembangnya akan jauh lebih positif jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mendapatkan pola pengasuhan dengan baik.

Parenting juga tidak hanya usaha dilakukan oleh orang tua saja lho, melainkan kerjasama juga dengan para guru di sekolah, sehingga selalu terjadi komunikasi yang baik dari berbagai arah.

Tujuan parenting sebenarnya untuk mengingatkan dan menambah kesadaran kepada orang tua bahwa untuk mengasuh anak itu ada ilmu dan keterampilannya, sehingga tidak boleh asal-asalan.

Kalau begitu langsung saja berikut ini akan dijelaskan beberapa tipe parenting style yang mungkin belum sepenuhnya dipahami oleh orang tua. 

BACA JUGA:Apa Sih Pentingnya Menemani Anak Belajar Di Rumah? Yuk Simak Ulasannya!

Tipe Parenting Style

Dikutip dari mamikita.com berikut tips parenting yang bisa anda terapakan pada si Kecil

1. Tipe Pola Asuh Otoriter

Tipe parenting style yang pertama ini adalah yang paling tegas. Orang tua memegang kendali sepenuhnya terhadap anak dengan kontrol yang sangat tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: