Berhenti Merasa Tidak Berharga! Tingkatkan Level Self-Esteem dengan 5 Tips Ini

Berhenti Merasa Tidak Berharga! Tingkatkan Level Self-Esteem dengan 5 Tips Ini

Meningkatkan level self-esteem.--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Rasa tidak berharga berasal dari rasa rendah diri atau level self-esteem atau harga diri yang buruk, tingkatkan level Self-Esteem dengan 5 tips yang akan kita bahas pada tulisan ini.

“Aku tidak pandai dalam hal apa pun” adalah pernyataan yang sangat kuat, dan jika kamu cukup sering mengatakannya, kamu akan mulai mempercayainya.

Namun pernyataan seperti ini hanyalah pemikiran yang kamu katakan pada diri sendiri, berasal dari rasa rendah diri atau level self-esteem atau harga diri yang buruk, dan bukan kenyataanmu.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan level self-esteem guna memutus siklus pemikiran negatif dan gagasan bahwa kamu tidak pandai dalam segala hal. Berikut beberapa idenya.

Tips Menghilangkan Rasa Tidak Berharga dengan Meningkatkan Level Self-Esteem

Istirahat dari Media Sosial

Kebanyakan orang bergantung pada media sosial sebagai cara untuk terhubung dengan orang lain dan bahkan sebagai cara untuk mendapatkan berita dan mengikuti tren saat ini. Namun ada sisi gelap dari media sosial, yaitu media sosial dapat berdampak negatif terhadap level self-esteem.

Orang-orang di media sosial sering kali membagikan gambaran kehidupan mereka yang “dikurasi”, menggunakan filter dalam foto, dan memilih bagian mana dari kehidupan mereka yang akan dibagikan. Itu sebabnya sepertinya setiap orang penuh dengan kesuksesan dan bakat.

Beristirahat dari media sosial dapat memberimu kesempatan untuk berhenti terlibat dalam permainan perbandingan yang tampaknya didorong oleh media sosial, dan fokus pada peningkatan citra diri, kesehatan mental, dan kesejahteraanmu.

Belajar Menerima Pujian

Orang yang berpikir bahwa dirinya tidak pkamui dalam suatu hal sering kali tidak mempercayai orang lain ketika mereka menunjukkan hal-hal yang sebenarnya mereka kuasai. Sederhananya, orang dengan level self-esteem yang rendah tidak pandai menerima pujian.

Jika hal ini terjadi padamu, kamu mungkin mempertimbangkan untuk sedikit berolahraga. Catat setiap kali seseorang mencoba memberimu pujian, dan lihat apa yang terjadi jika kamu menerimanya.

Ya, pada awalnya kamu mungkin merasa bahwa kamu berpura-pura sampai batas tertentu. Namun jika kamu terus menerima pujian, kamu mungkin mengubah pemikiranmu tentang cara orang lain memandangmu dan kemampuanmu untuk memandang diri sendiri dengan cara yang sama.

Cobalah Membuat Jurnal

Cara ampuh untuk memilah perasaan dan memahami pikiranmu adalah dengan menuliskannya. Pertama-tama, menuliskan pemikiran dan perasaanmu dapat membantu Kamu mengidentifikasi apa itu.

Memahami apa yang terjadi pada dirimu adalah langkah pertama untuk mulai merasa lebih baik dan meningkatkan level self-esteem.

Meluangkan beberapa menit sehari untuk “menumpahkan” pemikiranmu pada halaman tersebut dapat menjadi terapi.

Jika kamu menyadari bahwa pikiranmu tampaknya didominasi oleh pemikiran negatif dan level self-esteem yang rendah, kamu mungkin ingin mencoba sesuatu yang berbeda: jurnal rasa syukur.

Salah satu cara terbaik untuk mengubah pemikiran negatif adalah dengan membuat jurnal rasa syukur, dan penelitian telah menemukan hubungan antara rasa syukur dan harga diri.

Membuat jurnal rasa syukur tidaklah rumit: tulis saja satu hal yang kamu syukuri setiap hari. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti kopi pagimu, atau tawa anakmu. Berkomitmenlah untuk menuliskannya.

Cobalah Terapi

Terapi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan level self-esteem dan citra dirimu. Terapi dapat membantumu lebih memahami apa yang menyebabkan kamu merasa seperti ini, namun yang lebih penting lagi, terapi dapat membantumu mempraktikkan cara mengelola pikiran negatif.

Terapi perilaku kognitif berfokus pada mengidentifikasi pikiran negatif, dan mempelajari teknik untuk melatih kembali pola pikirmu dan mengadopsi pola pikir yang lebih positif.

Identifikasi Hadiah yang Datang dari Dalam

Cara yang efektif untuk melawan pemikiran “Aku tidak pandai dalam hal apa pun” adalah dengan mengubah arti sebenarnya dari menjadi baik dalam suatu hal.

Ketika sebagian besar dari kita berpikir untuk menjadi ahli dalam suatu hal, kita memikirkan hal-hal seperti mendapatkan pekerjaan yang bernilai tinggi, masuk perguruan tinggi yang bagus, memiliki bakat yang dikagumi, atau memiliki hubungan atau pernikahan yang bahagia.

Namun semua ini hanyalah pencapaian lahiriah, dan meskipun hal-hal tersebut patut dirayakan, hal-hal tersebut bukanlah satu-satunya cara untuk mengekspresikan anugerah hidup seseorang.

Hadiahmu mungkin kurang terlihat atau “mencolok” namun tetap bermakna. Menjadi sahabat yang baik, pendengar yang baik, atau seseorang yang baik hati dan sabar, adalah anugerah yang istimewa.

Demikian pula, telah melalui situasi sulit dan belajar untuk bertahan meskipun ada tantangan, tentu saja merupakan sebuah anugerah dan sesuatu yang patut dibanggakan.

Lihat apa yang terjadi ketika kamu duduk dan membuat daftar bakat-bakat yang lebih bersifat batiniah dan berkaitan dengan kualitas kepribadian yang menjadikanmu orang baik dan kontributor positif untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Setiap orang di bumi memiliki sesuatu yang mereka kuasai—bangun di pagi hari dan memulai harimu sudah merupakan sebuah pencapaian tersendiri. Mungkin perlu beberapa saat untuk mengidentifikasi bakat dan kekuatanmu, tetapi bakat dan kekuatan itu ada.

 

Kamu berhutang pada diri sendiri untuk melakukan sedikit penggalian dan mengubah pola pikirmu untuk berpikir lebih positif tentang level self-esteem. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind