Mudah Minder dan Stres, Inilah 7 Macam Risiko Self-Esteem yang Rendah Bagi Dirimu

Mudah Minder dan Stres, Inilah 7 Macam Risiko Self-Esteem yang Rendah Bagi Dirimu

Akibat self-esteem yang rendah--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Mudah minder dan stres, inilah 7 macam risiko Self-Esteem yang rendah bagi dirimu.

Seperti apa pun dalam hidup, citra dirimu cenderung berubah dan tumbuh seiring kamu menjadi dewasa dan menjalani hidup, dan sebagai respons terhadap peristiwa-peristiwa penting dalam hidup. Begitupun dengan harga diri atau self-esteem yang rendah atau justru tinggi.

Benar juga bahwa orang cenderung memiliki self-esteem tertentu yang bisa bertahan lama, baik tinggi, rendah, atau di antara keduanya. Interaksi sosial, perhatian, pengaturan emosi, pengambilan keputusan, dan kepuasan hidup semuanya dipengaruhi oleh self-esteem yang rendah.

Baca juga : Seberapa Penting Self-Esteem Bagimu? Pahami Sebelum Terlambat!

Akibat Self-Esteem yang Rendah

1. Reaktivitas

Seperti disebutkan di atas, ketika kamu memiliki self-esteem yang tinggi, kamu akan lebih mampu menyingkirkan kejadian-kejadian buruk dan penilaian atau suasana hati negatif orang lain yang mungkin mengarah padamu.

Sebaliknya, ketika kamu memiliki self-esteem yang rendah, kamu cenderung menerima kritik atau penolakan secara pribadi dan menganggap masalah orang lain adalah masalahmu.

Kombinasi ini dapat membuat orang dengan self-esteem yang rendah menjadi lebih reaktif terhadap keadaan sehari-hari dan interaksi pribadi. 

Mereka yang memiliki harga diri rendah juga cenderung tidak mengendalikan emosinya, menghadapi tantangan dengan baik, dan memkamung kehidupan dari sudut pandang yang sehat.

Seringkali self-esteem yang rendah berarti hal-hal kecil membesar menjadi masalah yang lebih besar yang terasa tidak dapat diatasi, sehingga semakin menurunkan harga diri.

2. Merasa Down vs. Harga Diri yang Buruk

Intinya, self-esteem yang rendah bukan hanya sekedar suasana hati yang buruk atau hari yang buruk. Semua orang merasa sedih ketika hal-hal negatif terjadi tetapi perasaan ini biasanya berlalu dan, terutama bagi mereka yang memiliki harga diri positif, tidak berdampak drastis pada harga diri. 

Sebaliknya, self-esteem yang rendah adalah gambaran diri negatif kronis yang, meskipun mungkin surut seiring dengan peristiwa positif dan negatif dalam hidupmu, sebagian besar, tetap melekat padamu seiring berjalannya waktu, apa pun keadaan hidupmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind