Marco Bezzecchi Juarai MotoGP India, Francesco Bagnaia Crash dan Gagal Finish

Marco Bezzecchi Juarai MotoGP India, Francesco Bagnaia Crash dan Gagal Finish

--IG @marcobez72

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, sukses merebut kemenangan dalam balapan MotoGP India di Buddh International Circuit pada Minggu (24/9/2023).

Balapan Grand Prix MotoGP India pertama dalam sejarah ini sukses menyajikan pertunjukan yang tak kalah dramatis dibanding film-film Bollywood. Terjadi banyak insiden dalam balapan ini.

Pembalap asal Italia ini diikuti oleh pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, di posisi kedua, dan pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, di posisi ketiga.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, dan pembalap Repsol Honda, Joan Mir.

Start dari pole, Marco Bezzecchi langsung memimpin dan melenggang di depan, diikuti Pecco Bagnaia, Jorge Martin, Joan Mir, Marc Marquez, dan Fabio Quartararo. Pada lap pembuka pula, Marquez dan Quartararo menyalip Mir sekaligus, merebut posisi 4 dan 5.

Martin lalu menyalip Bagnaia di Tikungan 4 pada Lap 5, dan merebut posisi 2. Sayangnya, pada lap berikutnya, Marquez yang mengejar Bagnaia justru terjatuh di Tikungan 1, membuat Quartararo naik ke posisi 4. Namun, Marquez bisa kembali ke trek dan melanjutkan balapan untuk finis kesembilan.

Dalam balapan ini pula, terdapat tiga pembalap yang harus gagal finis akibat kendala teknis sehingga harus masuk pit, mereka adalah Augusto Fernandez, Aleix Espargaro, dan Fabio di Giannantonio.

Pada Lap 13, Bagnaia mencoba menyerang Martin dan merebut posisi 2. Ia berhasil menyalipnya di Tikungan 8. Sayangnya, satu lap kemudian, Bagnaia terjatuh di Tikungan 5 dan gagal finis. Beruntung, ia tak mengalami cedera berarti.

Insiden ini pun membuat Bagnaia mendapati keunggulan poinnya di klasemen pembalap menyempit, dan didekati oleh para rivalnya yang ada di belakang.

Pada lima lap terakhir, ritsleting baju balap Alpinestars milik Martin terbuka dan ia berusaha menutupnya, dan insiden ini membuat Quartararo mendekat. Pada lap yang sama pula, Binder merebut posisi 4 dari tangan Mir.

Pada lap terakhir, Martin melakukan kesalahan, yang membuatnya harus menjalani aksi saling salip dengan Quartararo sampai garis finis. Namun, Martin berhasil mempertahankan posisi 2, sementara 'El Diablo' harus legawa finis ketiga.

Usai finis, Martin uniknya tak langsung menuju parc ferme, melainkan berhenti di garasi Prima Pramac Racing. Ia terlihat sangat kelelahan dan meminta para krunya untuk menyiramkan air ke dalam baju balapnya.

Berikut hasil balapan MotoGP India 2023 beserta klasemen pembalap dan konstruktornya.

1. Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: