Jangan Dibuang, Inilah Cara Membuat Pupuk Organik Dari Ampas Teh untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur

Jangan Dibuang, Inilah Cara Membuat Pupuk Organik Dari Ampas Teh untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur

Jangan Dibuang, Inilah Cara Membuat Pupuk Organik Dari Ampas Teh untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur--Freepik

BACA JUGA:Wajib Tahu, Begini Cara Pakai Air Bekas Cucian Beras dan Bawang Merah Agar Anggrek Subur dan Rajin Berbunga

2. Cara Pembuatan dan Aplikasinya Ke Tanaman Anggrek

Setelah alat dan bahannya tersedia, langkah berikutnya yaitu dengan membuat pupuk organik dari ampas teh.

Ada dua macam pupuk organik yang dapat dibuat dari ampas teh, yang pertama yaitu pupuk kompos dan yang kedua yaitu pupuk organik cair.

untuk pupuk kompos, pertama kalian harus menjemur ampas teh dibawah sinar matahari secara langsung sampai benar-benar kering. Apabila kalian menggunakan ampas teh celup, gunting bungkus teh celup lalu pisahkan ampas tehnya dan bungkusnya sebelum dijemur.

Setelah ampas teh tersebut benar-benar kering, kalian dapat mengaplikasikannya ke permukaan media tanam tanaman anggrek sebanyak 2 sampai 3 sendok makan per tanaman setiap 1 bulan sekali.

Jangan lupa untuk menutupi ampas teh yang telah ditaburkan pada permukaan media tanam dengan arang sekam ataupun tanah agar kandungan nutrisi dari ampas teh cepat terserap oleh akar tanaman anggrek.

BACA JUGA:Buktikan Sendiri Di Rumah, Inilah 8 Pupuk Alami untuk Anggrek Agar Cepat Berbunga

Sedangkan untuk pupuk organik cair, cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan ampas teh dengan air bersih ke dalam wadah dan simpan terlebih dahulu selama 1 malam.

Setelah itu, kalian dapat menyiramkan campuran tersebut setiap 1 minggu sekali agar tanaman anggrek tumbuh dengan subur.

Perlu diingat untuk tidak menyiramnya langsung ke bagian tubuh tanaman anggrek karena dapat beresiko membuat tanaman anggrek kelebihan nutrisi.

Itulah tadi cara membuat pupuk organik dari ampas teh untuk tanaman anggrek agar tumbuh dengan subur yang perlu untuk kalian ketahui. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: