Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah 8 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah 8 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina-ilustasi lovebird jantan dan betina-youtube

RADARPEKALONGAN - Mengetahui cara membedakan lovebird jantan dan betina sangat penting bagi kalian yang tertarik memelihara burung lovebird. Sebab, burung lovebird ini merupakan salah satu burung yang tidak dapat hidup sendiri.

Terutama jika kalian berkeinginan membudidayakan burung tersebut, membedakan lovebird jantan dan betina merupakan langkah utama yang harus kalian lakukan.

Nah, bagi kalian para pemula yang baru menyukai dan ingin memelihara burung lovebird sepasang, kalian tidak perlu bingung mencari informasi cara membedkaan lovebird jantan dan betina.

Karena di sini aku akan memberikan informasinya untuk kalian. Berikut ini cara membedakan lovebird jantan dan betina dari ciri fisiknya.

BACA JUGA:Pecinta Lovebird Harus Tahu! 5 Karakteristik dari Burung Lovebird, Awas Salah Penanganan

BACA JUGA:Coba Perhatikan, Ini 4 Ciri Fisik dari Burung Lovebird Petarung

1. Bentuk Tubuh

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang pertama adalah dilihat dari bentuk tubuhnya. Lovebird jantan mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan si betina.

Selain itu, lovebird jantan juga memiliki bagian kepala yang lebih rata dan cepak dibandingkan dengan betina yang cenderung memiliki kepala yang cekung atau melengkung.

Selain itu, lovebird jantan biasanya memiliki leher yang lebih panjang dan bulu di baian kepala yang lebih tebal. Sedangkan untuk si betina memiliki leher yang lebih pendek dengan bulu di bagian kepala yang lebih tipis.

2. Betuk Paruh

Bila diamati bentuk paruh jantan dan betina memiliki perbedaan. Bentuk paruh lovebird jantan biasanya cenderung lebih kecil dan runcing dibandingkan dengan betina yang memiliki bentuk yang tumpul, besar dan lebar.

BACA JUGA:Peluang Menang Meningkat, Ini 5 Jenis Lovebird yang Bisa Dilombakkan Kicauannya

BACA JUGA:5 Jenis Burung Lovebird Petarung Terbaik dengan Kicauan yang Merdu dan Warna Cantik

3. Lubang Hidung

Untuk lubang hidunya sendiri, lovebird jantan biasanya mempunyai lubang hidup yang berbentuk lonjong atau oval. Sedangkan untuk lovebird betina mempunyai bentuk lubang hidung yang lebih bulat dan lebar.

Nah, kalian bisa memeriksa lubang hidup ini dengan memegang lovebird, kemudian kalian  tiup bagian hidungnya hingga bentuknya terlihat.

4. Bentuk Sayap dan ekor

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang berikutnya adalah bentuk sayapnya. Lovebid jantan biasanya memiliki bentuk sayap yang menyilang di bagian ujung atau saling bertemu.

Sedangkan lovebird betina memiliki bentuk sayap yang tidak menyilang di bagian ujungnya dan cenderung sejajar.

BACA JUGA:Jenis-jenis Burung Perkutut dan Cirinya, Dari Lokal hingga Import!

BACA JUGA:Jenis Burung Kenari dan Harganya di Pasaran, Dari Lokal Hingga Impor!

Sementara itu, untuk bentuk ekornya, ekor lovebird jantan cenderung lebih berbentuk dibandingkan si betina yang terlihat rata dan lebar. Ciri-ciri ini bisa kalian perlihatkan ketika lovebird sedang bertengger dan dalam kondisi diam.

5. Lingkar Klep Kacamata

Untuk mengetahui jenis kelamin lovebird apakan jantan atau betina juga bisa dilihar dari lingkar klep kacamata yang mana merupakan bagian putih di sekitar mata lovebird.

Meskipun terdengar sepele dan tidak mungkin, namun cara ini digadang merupakan tips efektif dan ampuh.

Pada lovebird jantan, ia memiliki lingkar klep kacamatan berbentuk oval atau lonjong. Sedangkan pada betina, ia memiliki lingkar klep yang cenderung bulat.

BACA JUGA:Auto jadi Sultan! Cara Budidaya Burung Nuri Bagi Pemula, Hobi Jadi Cuan

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! 7 Ciri Indukan Burung Nuri Unggulan dalam Budidaya

6. Tulang Pubis

Kalian juga bisa membedakan lovebird jantan dan betina ini dengan memperhatikan jarak antar dua tulang pubis burung lovebird.

Tulang pubis sendiri merupakan tulang yang berada di bawah dubur atau anus burung itu sendiri. Tulang pubis ini juga dikenal dengan nama supit udang.

Untuk dua tulang pubis lovebird jantan akan terasa menyempit saat diraba. Sedangkan untuk lovebird betina, ia memiliki tulang pubis yang elastis dan lebih lebar.

7. Bentuk Anus

Selain tulang pubis, kalian juga bisa memdekan si betina dan si jantan melalui bentuk anusnya. Lovebird jantan biasanya memiliki bentuk anus yang lebih kecil dan seolah-olah terlohat menonjol Sedangkan untuk si betina ini memiliki anus yang lebih besar dan telihat rata.

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! Ini 8 Makanan Tambahan Burung Lovebird Bikin Auto Gacor Menang Kontes

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini 3 Racikan Extra Food untuk Lovebird Petarung, Sederhana dan Mudah Dibuat

8. Warna Bulu

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang terkahir yakni dalap dilihat dari warna bulunya.

Pada umumnya, lovebird jantan memiliki warnabulu yang lebih cerah dan terang, lain hanya dengan si betina yang memiliki wana bulu yang lebih gelap. Namun, sayangnya perbedana bulu ini tidak selalu terlihat pada semua jenis lovebird.

Itulah beberapa cara membedakan lovebird jantan dan betina jika dilihat dari ciri fisiknya.

Untuk bisa membedakan keduanya kalian memang tidak hanya cukup melihatnya sekilas saja. Kalian harus memperhatikannya dengan jeli agar tidak ada kesalahan kedepannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: