Sejarah, Filosofi dan Asal Batik Solo Parang Kusumo, Kamu Wajib Tahu!

Sejarah, Filosofi dan Asal Batik Solo Parang Kusumo, Kamu Wajib Tahu!

batik solo parang kusumo--Freepik

Ombak sendiri mampu dijadikan inspirasi terutama dalam menciptakan motif pada batik ini, hal ini dikarenakan ombak mampu menggambarkan semangat terus menerus, berdebur layaknya ombak di pantai selatan.

Fakta batik solo parang kusumo

Entah mitosnya berasal dari mana, namun batik solo parang kusumo ini memiliki mitos yang cukup dipercaya, khususnya para masyarakat Jawa Tengah.

Banyak sumber mengatakan, agar tidak memakai batik ini ketika dalam acara pernikahan, dan apabila nekat memakainya, banyak masyarakat yang percaya itu menjadi pembawa kesialan.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas, 50 Pembatik Tulis Ikuti Uji Kompetensi

Sial disini memiliki arti, bahwa pernikahan yang menggunakan batik ini, maka rumah tangga atau pernikahannya akan dipenuhi dengan kontraknya dan sering terjadi cekcok, antara kedua belah pihak.

Mitos ini sendiri, muncul karena batik solo parang kusumo sudah dianggap sangat keramat, dan hanya boleh dipakai oleh golongan tertentu, dan pada acara tertentu, dan bukan acara pernikahan.

Kemudian mitos ini bertolak belakang, dengan makna awal batik solo parang kusumo tersebut, yang memiliki makna terjalinnya kekeluargaan yang sejalan dengan mitos yang tersebar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: