4 Panduan Lengkap Cara Menanam Anggrek Bulan, Dijamin Praktis dan Anti Ribet

4 Panduan Lengkap Cara Menanam Anggrek Bulan, Dijamin Praktis dan Anti Ribet

panduan lengkap cara menanam anggrek bulan-Instagram-jauza_orzid

Jika kalian telah menyiapkan alat dan bahannya, saatnya kamu memilih tanaman anggrek bulan yang akan kamu tanam.

Cek kondisi kesehatan tanaman dan pastikan tanaman tidak memiliki tanda-tanda penyakit atau hama. Periksa daun dan akar tanaman dengan teliti.

Disamping itu, kamu perlu memilih tanaman dengan tunas yang sehat dan kuat, hal itu dapat membuat tanaman akan segera berbunga.

Baca Juga: Ini Dia 6 Anggrek Tercantik yang Ada di Indonesia, Yuk Temukan Pilihan Favoritmu

3. Penanaman Anggrek Bulan

Berikut adalah langkah-langkah penanaman anggrek bulan:

  • Pilih Pot yang Tepat. Kamu bisa memilih pot dengan lubang drainase yang baik. Anggrek bulan tidak suka air menggenang dan menyukai kelembapan.
  • Siapkan Media Tanam. Kamu dapat memulai mengisi pot dengan media tanam yang sesuai dan sudah kamu persiapkan. Tinggalkan sedikit ruang di bagian atas pot.
  • Pindahkan Tanaman. Kalian harus hati-hati ketiaka mengeluarkan tanaman anggrek bulan dari pot asalnya dan letakkan di pot yang baru. Pastikan akar terletak dengan baik di dalam media tanam.
  • Penanaman Tunggal. Jika kamu memiliki beberapa anggrek bulan dalam satu pot, kamu harus pertimbangkan untuk memisahkan anggrek bulan menjadi pot-pot terpisah untuk pertumbuhan yang lebih baik.
  • Siram dengan rutin. Setelah proses tadi berjalan sempurna, kamu perlu siram tanaman anggre dengan air bersih dan pastikan media tanamnya lembab, tetapi tidak tergenang oleh air.

4. Perawatan Anggrek Bulan

Perawatan yang tepat sangat penting untuk tanaman anggrek bulan, itulah menjadi faktor anggrek bulan tumbuh dengan baik dan cepat berbunga. 

Atur pencahayaan. Kamu dapat meletakkan anggrek bulan di tempat yang mendapatkan cahaya yang terang, namum tetap hindari sinar matahari langsung.

Pengairan rutin. Siram tanaman anggrek bulan secara rutin ketika media tanam mulai mengering, biasanya sekitar satu atau dua kali dalam seminggu.

Pemupukan rutin. Kamu dapat memberikan pupuk yang dirancang khusus untuk anggrek bulan setiap 2-4 minggu selama musim pertumbuhan aggrek bulan.

Pemangkasan tanaman. Pangkas daun maupun bunga yang sudah mati secara teratur untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anggrek Tercantik Buat Pemula, Kamu juga Bisa Coba Menanam Sendiri Loh

Cara Menanam Kucai di Polybag Tumbuh Subur, Kamu Tetap Bisa Bercocok Tanam Meskipun Kebun Minimalis

Demikian ulasan tentang panduan lengkap cara menanam anggrek bulan supaya tumbur subur dan cepat berbungan. Semoga kalian tak lagi bingung untuk memulai menanam jenis anggrek beraroma wangi ini di rumah kalian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: