Turunkan Berat Badan secara Efektif! Ini Dia Jenis Diet Rendah Karbohidrat dan 3 Manfaatnya bagi Tubuh

Turunkan Berat Badan secara Efektif! Ini Dia Jenis Diet Rendah Karbohidrat dan 3 Manfaatnya bagi Tubuh

Contoh bahan makanan yang bagus saat sedang menjalani diet rendah karbohidrat.--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Diet rendah karbohidrat atau juga dikenal dengan low carb dіеt sudah cukup populer dikalangan para pejuang berat badan ideal. Diet ini bekerja dengan cara membatasi asupan karbohidrat, dan diganti dengan sumber makanan yang lebih kompleks seperti protein dan lemak baik.

Saat menjalani program diet, konsistensi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun seringkali beberapa orang gagal menjalani diet karena tidak tahan dengan pola makan yang ketat saat diet.

Pola makan saat sedang menjalani diet rendah karbohidrat tidak terlalu extream, dan terbilang ramah bagi diet pemula. Karena bukan berarti sama sekali tidak mengkonsumsi karbo, hanya saja mengurangi asupan karbohidrat sederhana. Kamu masih bisa makan dengan porsi normal sesuai kebutuhan kalori harian.

Protein dan Lemak Baik sebagai Pengganti Karbohidrat

BACA JUGA:Waktu yang Efektif dan 6 Cara Mengonsumsi Jeruk Nipis untuk Diet agar Tidak Membosankan

BACA JUGA:Alasan Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 3 Cara Membiasakan Mengkonsumsi Air Putih secara Teratur

Kandungan protein yang tinggi akan membantu memperlambat datangnya rasa lapar sehingga akan mengurangi asupan kalori. Protein penting dikonsumsi saat diet karena juga berfungsi untuk membentuk massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sedangkan fungsi lemak baik adalah sebagai sumber energi pengganti karbohidrat. Lemak juga membuat tubuh tetap hangat, dan membantu penyerapan nutrisi dan vitamin pada tubuh.

Beberapa makanan yang kaya akan kandungan protein dan lemak baik seperti, daging merah, ikan laut, telur, buah dan sayuran tinggi serat, serta susu low fat. Kamu bisa mengkreasikan menu makanan harian dengan bahan makanan tersebut, agar diet tidak monoton dan membosankan.

Sebenarnya pada bahan makan tersebut juga masih mengandung karbohidrat, tapi dalam bentuk karbohidrat yang lebih kompleks. Berbeda dengan kandungan karbohidrat sederhana yang ada pada nasi putih, roti, tepung, sereal, dan semacamnya.

BACA JUGA:4 Suplemen yang Bagus untuk Mengencangkan Kulit, Wajah Tampak Awet Muda Bebas Flek Hitam dan Kerutan

Manfaat Diet Rendah Karbohidrat

1. Menurunkan Berat Badan

Setelah mengkonsumsi karbohidrat, kemudian akan dipecah menjadi gula yang disebut glukosa. glukosa akan diserap oleh darah, dan dialirkan ke seluruh tubuh, yang kemudian oleh sel digunakan sebagai sumber energi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: