Alasan Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 3 Cara Membiasakan Mengkonsumsi Air Putih secara Teratur

Alasan Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 3 Cara Membiasakan Mengkonsumsi Air Putih secara Teratur

Teratur Mengkonsumsi Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Alasan kenapa minum air putih bisa menurunkan berat badan adalah karena dalam air putih tidak mengandung kalori. Dengan mengonsumsi air putih secara teratur tentu akan dapat menggantikan asupan makanan dan minuman berkalori, dan mengenyangkan perut.

Sering kali kita merasa lapar di luar waktu jam makan, terkadang dorongan pertama yang dilakukan adalah langsung makan. Padahal mungkin saja itu hanyalah reaksi dari dehidrasi ringan yang sering disalah artikan sebagai rasa lapar oleh otak.

Maka dari itu ada baiknya ketika sinyal-sinyal seperti itu datang, segera penuhi kebutuhan mineral tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

Fungsi utama lain dari air putih adalah untuk menghidrasi tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik maka proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh akan bekerja lebih efisien.

BACA JUGA:Baru Mulai Diet? InI 7 Kebiasaan Sehat saat Diet untuk Pemula Biar Ngga Tersiksa

BACA JUGA:5 Jus Buah yang Baik untuk Program Diet, Efektif untuk Mendetox Tubuh

Hal ini dikarenakan air putih membantu produksi panas dan sumber energi pada tubuh. Semakin banyak energi yang dikeluarkan maka akan mempercepat proses metabolisme tubuh.

Kemudian, air putih juga membantu proses ekskresi atau pembuangan limbah dari tubuh. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, proses pengeluaran urine dan pembuangan tinja akan lebih lancar, karena air membuat tinja tetap lunak sehingga menghindari keluhan seperti sembelit dan kembung.

Untuk mendapat beberapa manfaat air putih seperti tersebut di atas yang efektif membantu menurunkan berat badan, berikut tiga cara mudah mengkonsumsi air putih.

1. Perhatikan Kebutuhan Asupan Air Putih per Hari

Penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga program diet akan jauh lebih efektif. Rata-rata kebutuhan konsumsi air putih bagi orang dewasa adalah 2 liter atau 8 gelas air per hari. 

Namun tetap perhatikan kadar air putih yang dikonsumsi jangan sampai berlebihan, karena juga tidak baik bagi tubuh.

Indikator yang bisa dijadikan patokan untuk mengetahui apakah kebutuhan air putih kita sudah terpenuhi dengan baik adalah lewat warna urine. Urine yang tidak berwarna kuning cenderung bening, dan tidak mengandung bau menyengat menunjukkan bahwa konsumsi air putih kita sudah terpenuhi.

BACA JUGA:Tidak Boleh Sembarangan! Simak 7 Tips Diet Sehat Aman Bagi Pengidap Obesitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: