Kader IMM Diharapkan Berperan Aktif dalam Pilkada Serentak

Kader IMM Diharapkan Berperan Aktif dalam Pilkada Serentak

KOTA - Pilkada serentak bakal digelar pada Desember mendatang. Keterlibatan aktif dari berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut. Tak terkecuali, peran serta dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Kader IMM diminta untuk turut ambil bagian dalam Pilkada serentak.

Demikian disampaikan Ketua DPD IMM Jawa Tengah, Badrun Nuri SAg, saat menjadi narasumber dalam diskusi 'Rembugan dan Ngopi Bareng', dengan tema Memantapkan Gerakan IMM Jateng dalam Menghadapi Dinamika Kebangsaan dan Pilkada Serentak 2020 yang digelar di Rumah Dinas Ketua DPRD Kota Pekalongan, Minggu (23/8/2020) malam. "IMM harus terlibat aktif dalam dinamika politik kebangsaan, termasuk dalam Pilkada serentak mendatang," kata Badrun.

Partisipasi aktif dimaksud, jelas Badrun, yakni dengan ikut mengawal sejak awal agar melalui pesta demokrasi tersebut dapat mengubah kebijakan menjadi lebih baik, agar sesuai dengan keinginan atau aspirasi masyarakat.

Dia menambahkan, bahwa Pilkada serentak memang perlu disikapi bersama karena merupakan bagian dari dinamika kebangsaan. Maka dari itu, menurutnya, IMM harus berada di tengah dinamika tersebut.

Disampaikan pula bahwa IMM pada 2019 lalu sudah terlibat aktif menjadi pemantau Pemilu. Dalam Pilkada serentak mendatang, IMM akan kembali melakukan hal yang sama. IMM juga akan tetap kritis dan bersuara apabila ada sesuatu yang dirasa kurang tepat.

Lebih lanjut, imbuh Badrun, lantaran tahap perhelatan Pilkada masih di tengah pandemi Covid-19, maka semua pihak diharapkan harus benar-benar memperhatikan faktor kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Pekalongan, H Makmur Sofyan Mustofa MPd yang menjadi narasumber kedua dalam acara ini, berpesan agar IMM yang mana merupakan salah satu kader Muhammadiyah, untuk terlibat aktif dalam Pilkada serentak.

Pihaknya juga berharap agar kader IMM tidak alergi dengan politik, karena melalui jalur politik lah salah satu upaya perjuangan bisa dilakukan. Sekaligus, menunjukkan bahwa eksistensi IMM dapat memberikan manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat," ungkap pria yang juga Ketua DPD PAN Kota Pekalongan ini. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: