Ada 10 Kandungan Zat Kimia dalam Kopi! Kenali Apa Saja Efek dan Manfaat Kopi bagi Tubuh

Ada 10 Kandungan Zat Kimia dalam Kopi! Kenali Apa Saja Efek dan Manfaat Kopi bagi Tubuh

Ada 10 Kandungan Zat Kimia dalam Kopi! Kenali Apa Saja Efek dan Manfaatnya Bagi Tubuh--Freepik.com

RADARPEKALONGAN – Minum kopi sudah sangat familiar di lingkungan kita. Ada berbagai kandungan bahan atau zat yang ada di dalam kopi. Kandungan tersebut dapat menimbulkan berbagai efek dan manfaat bagi tubuh.

Kandungan kopi yang paling terkenal adalah kafein, yang diyakini oleh banyak orang mampu memberikan suplai energi sehingga berkontribusi mengusir rasa kantuk. Namun, sebenarnya Kandungan kopi lebih banyak lagi dari sekadar kafein.

Bagi kamu yang sering mengonsumsi kopi, sangat penting untuk menyimak artikel ini untuk mengetahui kandungan kopi dan apa pengaruhnya bagi tubuh.

BACA JUGA: Ada Doanya! Ini 5 Fakta Minum Kopi dalam Islam, Muslim Wajib Baca

BACA JUGA: 10 Manfaat Minum Kopi Tanpa Pemanis Apapun, Bisa Mencegah Sakit Jantung Sampai Bantu Turunkan Berat Badan

1. Air

Kandungan pertama dari kopi adalah air atau H2O yang memang sudah ada dalam biji kopi. Meski terlihat kering, biji kopi yang akan diolah menjadi minuman ini memiliki kandungan air meski tampak kering.

Air yang mulanya berasal dari buah kopi ini masih tersisa meski biji kopi sudah dikeringan. Hal ini karena air tidak bisa dipisahkan dari biji kopi tersebut.

2. Kafein

Kafein biasa ditemukan dalam beberapa biji dan buah dari suatu tanaman, salah satunya dalam kopi. Kafein merupakan kandungan kopi yang sangat terkenal.

Zat kimia ini merupakan zat psikoaktif yang diklasifikasikan sebagai zat pecandu, tetapi masih aman jika dikonsumsi pada dosis yang sesuai. Sedangkan konsumsi kafein yang berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan tidur.

3. Ethyphenol

Ethyphenol yang merupakan zat penghasil bau yang khas dan kuat ini juga ditemukan pada kopi, yang kemudian membuat kopi memiliki daya tarik yang sulit ditolak.

Selain pada kopi, zat kimia yang satu ini juga dapat ditemui dalam tar. Baunya seperti aspal dan inilah yang menjadi kekhasan kopi, bahkan aromanya bisa merilekskan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: