Ada 10 Kandungan Zat Kimia dalam Kopi! Kenali Apa Saja Efek dan Manfaat Kopi bagi Tubuh

Ada 10 Kandungan Zat Kimia dalam Kopi! Kenali Apa Saja Efek dan Manfaat Kopi bagi Tubuh

Ada 10 Kandungan Zat Kimia dalam Kopi! Kenali Apa Saja Efek dan Manfaatnya Bagi Tubuh--Freepik.com

4. Quinic Acid

Kandungan kopi yang satu ini menyebabkan adanya rasa asam dalam kopi. Banyak sedikitnya kandungan quinic acid ini akan menentukan tingkat keasaman kopi.

Kandungan quinic acid dalam kopi yang cukup tinggi tidak disarankan bagi penderita maag atau gerd arena dapat mengganggu kesehatan lambung.

5. Niacin

Niacin dikenal sebagai senyawa kimia yang kurang baik bagi kesehatan tubuh karena zat ini mampu menyerap vitamin yang ada di dalam tubuh. Bila dikonsumsi terlalu banyak, kandungan kopi yang satu ini dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

BACA JUGA: Turut Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Fisik dan Mentalmu!

Namun, niacin juga memiliki dampak positif bagi tubuh, yakni meningkatkan dan menurunkan HDL (kolesterol) serta Trigleserida (lemak yang mengalir dalam darah).

6. Putrescine

Kandungan kopi lainnya adalah putrescine dalam jumlah yang kecil. Zat ini merupakan zat pengurai asam amino yang dikerjakan oleh bakteri E. Coli. Zat kimia dalam kopi yang satu ini berperan untuk melakukan pembusukan bakteri.

7. Acetylmethycarbino

Acetylmethycarbino merupakan zat yang memberikan rasa gurih pada kopi. Acetylmethycarbino juga biasanya digunakan dalam pembuatan popcorn. Zat kimia yang satu ini memiliki rasa seperti mentega dan terkandung dalam mentega juga.

8. Dicaffeoylquinic Acid

Dicaffeoylquinic Acid adalah kandungan kopi yang membuat kopi memiliki antioksidan yang tinggi. Zat kimia yang satu ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh dan merupakan salah satu supplier antioksidan terbanyak yang dikonsumsi di dunia.

9. Dimenthyl Disulfide

Zat yang satu ini terdapat dalam kopi yag masih berwarna hijau dan belum dikeringan. Dimenthyl Disulfide membuat kotoran manusia menjadi lebih berbau, mirip dengan senyawa sulfur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: