Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Jangan Dianggap Remeh! Ada Malaikat Yang Mendoakan Ampunan

Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Jangan Dianggap Remeh! Ada Malaikat Yang Mendoakan Ampunan

Ustadz Khalid Basalamah-Tangkapan layar kanal Youtube Menambah Iman-

RADARPEKALONGAN - Seorang muslim kalau mau tidur hendaklah selalu dalam keadaan berwudhu atau dalam keadaan suci. Jangan dianggap remeh berwudhu sebelum tidur, karena banyak keutamaan berwudhu sebelum tidur.

Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah dalam kanal Youtube Menambah Iman dengan judul Keutamaan Berwudhu sebelum Tidur - Ustadz Khalid Basalamah, dilihat pada Senin, 23 Oktober 2023, menekankan agar seseorang selalu dalam keadaan bersuci atau berwudhu sebelum tidur. Seperti berwudhu saat akan shalat. 

"Jangan dianggap remeh berwudhu sebelum tidur," kata Ustadz Khalid.

Ada hadist sahih menjelaskan tentang berwudhu sebelum tidur. Diantaranya, hadist yang diriwayatkan oleh At Tabrani, "Sucikan dan bersihkan jasad-jasad kalian itu niscaya Allah Ta'ala akan mensucikan kalian. Maksudnya sucikan dari dosa-dosa," kata Ustadz Khalid Basalamah. 

Baca juga:Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi

Baca lagi:Tak Hanya akan Shalat, Ini 7 Waktu yang Disunnahkan Berwudhu

"Jika seseorang hamba tidur dalam keadaan suci, berwudhu, maka malaikat akan bersama dalam pakaiannya. Bagaimana? wallahualam. Tapi malaikat Allah titipkan bagi setiap orang yang berwudhu sebelum tidur. Dan malaikat tidak berpaling sesaat pun di malam itu kecuali berdoa kepada Allah Ta'ala 'Ya Allah ampunilah hambaMu ini sebab ia tidur dalam keadaan suci'" lanjutnya. 

"Atau tidaklah seorang hamba yang tidur tadi ia dalam keadaan bersuci bergerak ke kanan atau ke kiri. Dalam keadaan tidur kita tidak sadar, tapi setiap kali kita bergerak malaikat selalu mengatakan 'Ya Allah ampuni dia karena tidur dalam keadaan suci".

Dalam riwayat lain dikatakan, "Siapa yang tidur dalam keadaan suci kalau dia meninggal, maka meninggal di atas fitrah, di atas Islam. Dipastikan dia di atas Islam". 

Ustadz Khalid menyebutkan, di dalam hadist Abdullah bin Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Orang yang tidur ini tidak akan bangun hingga malaikat mendoakan dia sambil mengatakan, 'Ya Allah ampunilah hambaMu fulan ini karena ia tidur dalam keadaan berwudhu'". (Hadist sahih diriwayatkan oleh Ibnu Hibban).

Baca juga:Yakin Wudhu Sudah Benar?, Perhatikan 5 Hal Ini saat Wudhu agar Sesuai Sunnah Nabi

Al Hafidz Ibnu Hajar, kata Ustadz Khalid, menjelaskan keutamaan berwudhu sebelum tidur. Ada banyak manfaat berwudhu sebelum tidur, kata beliau. Diantaranya, orang itu tidur dalam kondisi suci, agar ketika kematian menjemputnya, dia berada dalam keadaan sempurna. Dari hadist ini juga terdapat pelajaran agar kita selalu menyiapkan diri menghadapi kematian, dengan menyucikan hati. Karena kesucian hati lebih diutamakan daripada kesucian badan. 

Lebih ditekankan lagi untuk orang yang sedang berhadast, terutama dalam keadaan junub. Kalau orang sudah berumah tangga, berhubungan biologis, bolehkan tidur kalau belum mandi? Boleh tapi dianjurkan berwudhu terlebih dulu. Agar bisa kembali segar atau kalau dia ingin sempurna dia mandi. Sehingga dia bisa tidur dalam keadaan suci dari semua hadats. 

Manfaat wudhu selanjutnya untuk mengundang mimpi yang baik, dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidurnya. "Ini dijelakan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, jilid 11, halaman 110," terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: