Kaya Serat dan Mendukung Diet, Inilah 11 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Kaya Serat dan Mendukung Diet, Inilah 11 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan--tokopedia

RADARPEKALONGAN - Ini dia manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan, makanan super kaya antioksidan, tinggi serat untuk mendukung diet menjaga gula darah.

Ubi jalar ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang merupakan salah satu makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi sering disebut sebagai 'superfood'.

Umbi yang satu ini memiliki harga yang terjangkau juga. Apalagi, jika dibandingkan dengan manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsinya secara rutin dan dalam porsi yang tepat.

Ubi jalar ungu juga bisa menjadi alternatif karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Ubi jalar ungu bisa diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

BACA JUGA:Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Ini Dia Daftar 7 Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

BACA JUGA:Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Menjaga Kondisi Ibu Tetap Prima

Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Dari sekian banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada ubi ungu, terdapat banyak sekali khasiatnya. Berikut daftar manfaat ubi ungu untuk kesehatan yang penting untuk diketahui:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ubi jalar ungu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dikarenakan vitamin C dan antosianin yang terkandung dalam ubi ungu berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Selain antioksidan, antosianin juga memiliki manfaat sebagai antiinflamasi.

2. Meredakan Gejala Asma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan vitamin A yang tinggi pada ubi jalar ungu dapat meredakan gejala asma. Jadi, bagi kamu yang memiliki penyakit asma, mungkin bisa mencoba mengonsumsi umbi yang satu ini.

3. Membantu Menjaga Gula Darah

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Nutritional Biochemistry, kandungan antosianin pada ubi ungu dapat membantu menekan kenaikan gula darah setelah makan yang disebabkan oleh resistensi insulin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: