Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Ini Dia Daftar 7 Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Ini Dia Daftar 7 Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia--freepik

RADARPEKALONGAN - Kebutuhan vitamin dan mineral memang tidak memandang usia, termasuk bagi kamu yang sudah memasuki usia lanjut atau lansia. Lalu, vitamin dan mineral untuk kesehatan lansia apa yang perlu dipenuhi? Berikut penjelasannya.

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa sumber nutrisi terbaik bagi tubuh berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Oleh karena itu, memberikan makanan yang sehat pada lansia adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka.

Namun, ada beberapa lansia yang mungkin merasa bahwa mereka tidak mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat. Terutama jika mereka masih menikmati pola makan yang sama seperti di masa mudanya. Dalam kondisi seperti ini, suplemen vitamin dan mineral terkadang menjadi pilihan. Tapi apakah suplemen ini merupakan cara terbaik?

Faktanya, tidak semua lansia membutuhkan suplemen. Karena ada kemungkinan suplemen vitamin dan mineral yang tidak bermanfaat.

Jika vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh berlebihan, ginjal akan membuangnya melalui urin. Namun, dalam kondisi tertentu, lansia mungkin masih membutuhkan suplemen.

BACA JUGA:Vitamin B12 Terbaik untuk Badan Lemas agar Semangat Terus Seharian

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tulang dengan Minum Vitamin Tulang Terbaik untuk Lansia, Berikut Ini Rekomendasinya

Berikut Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

1. Vitamin D

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulangmu akan menurun, sehingga kamu lebih berisiko terkena osteoporosis dan rentan mengalami patah tulang jika terjatuh. Manfaat vitamin D dapat membantu menjaga massa tulang, sehingga dapat terhindar dari risiko gangguan tulang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, para lansia dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan salmon, tuna, telur, atau susu dan juga dari paparan sinar matahari. Suplemen vitamin D untuk lansia biasanya diberikan pada kondisi tertentu, jadi sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai kebutuhan ini. 

2. Vitamin B12

Vitamin dan mineral untuk kesehatan lansia yang kedua adalah vitamin B12. Lansia yang kekurangan vitamin B12 berisiko mengalami anemia dan gangguan sistem saraf, seperti hilang ingatan. 

Oleh karena itu, lansia perlu memperhatikan asupan yang kaya akan vitamin B12 untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, seperti daging merah (daging sapi), ikan dan makanan laut lainnya, daging unggas, telur, susu dan produk olahannya (keju, yoghurt), serta sereal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: