Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Ini Dia Daftar 7 Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Ini Dia Daftar 7 Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia--freepik

Konsultasikan juga dengan dokter jika kamu perlu menambah asupan vitamin B12 dengan suplemen. 

3. Zat besi

Zat besi merupakan mineral esensial yang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh, termasuk membantu membuat sel darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika lansia mengalami gejala kekurangan zat besi, mereka akan berisiko mengalami anemia defisiensi besi.

4. Kalium

Mencukupi kebutuhan kalium yang cukup bagi lansia sangatlah penting. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti pisang, susu rendah lemak, yoghurt, bayam, brokoli, kentang panggang plus kulitnya, stroberi, atau alpukat.

Namun, jangan lupa untuk mengurangi asupan natrium (garam) untuk mengoptimalkan manfaat ini.

5. Magnesium

Mineral lain yang juga penting untuk diperhatikan oleh para lansia adalah magnesium. Lansia umumnya memiliki asupan magnesium yang lebih rendah karena penuaan.

Oleh karena itu, lansia perlu memenuhi kecukupan magnesium dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

6. Folat

Vitamin dan mineral untuk kesehatan lansia lainnya yaitu folat. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Selain itu, kekurangan folat juga dikaitkan dengan kemampuan kognitif yang buruk pada lansia.

Untuk memenuhi kebutuhan folat, lansia dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti brokoli, bayam, jeruk, telur, daging unggas, sereal, atau biji-bijian.

7. Vitamin A

Vitamin dan mineral untuk kesehatan lansia yang terakhir adalah vitamin A. Lansia juga perlu memperhatikan asupan Vitamin A mereka. Dengan mengonsumsi asupan Vitamin A yang cukup, lansia dapat menjaga penglihatan tetap normal dan sehat serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Untuk memenuhi kecukupan nutrisi ini, para lansia dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya telur, susu, keju, ubi jalar, sereal, atau beberapa jenis sayur dan buah, seperti wortel, brokoli, atau mangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: