Kaya Serat dan Mendukung Diet, Inilah 11 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Kaya Serat dan Mendukung Diet, Inilah 11 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan--tokopedia

Indeks glikemik yang rendah pada ubi jalar ungu juga membuatnya relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari ubi jalar ungu adalah membantu menurunkan tekanan darah. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Tingginya kadar kalium dan asam klorogenat yang terkandung dalam ubi jalar ungu dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, para peneliti mengungkapkan bahwa ubi ungu dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung pada penderita hipertensi.

5. Sifat Antikanker

Makanan yang tinggi antioksidan dianggap dapat mengurangi risiko kanker perut, ginjal, payudara, dan usus besar. Seperti yang telah dibahas, ubi jalar ungu juga kaya akan antioksidan.

Namun, sifat antikanker ini hanya dapat ditemukan pada ubi ungu segar. Sifat antikanker ubi ungu yang sudah disimpan selama beberapa bulan akan berkurang.

6. Baik untuk Lambung

Vitamin B kompleks, kalsium dan kalium yang terdapat pada ubi ungu dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Selain itu, serat yang akan kamu dapatkan ketika mengonsumsi ubi ungu dengan kulitnya memiliki khasiat untuk mencegah sembelit. Selain itu, efek anti-inflamasi dan menenangkannya dapat meredakan peradangan dan rasa sakit akibat tukak lambung.

7. Mengurangi Gejala Radang Sendi

Ubi ungu juga mampu meringankan, bahkan mencegah gejala radang sendi. Khasiat ini berkat kandungan beta karoten, zinc, vitamin B dan magnesium yang terdapat pada ubi ungu.

Manfaat ini bisa didapatkan dari mengkonsumsi air rebusan ubi ungu dan juga dari mengoleskan air rebusan ubi ungu pada kulit bagian yang terasa nyeri.

8. Membantu Kesehatan Mata

Vitamin A terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata, dan ubi jalar ungu dapat menjadi sumber vitamin A yang baik untuk Anda. Menurut US Office of Dietary Supplement, salah satu sumber vitamin A terbaik adalah ubi jalar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: