Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mencegah Anemia, Inilah Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mencegah Anemia, Inilah Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan--freepik

RADARPEKALONGAN - Tahukah kamu ternyata banyak manfaat kesehatan dari asam folat yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut adalah manfaat asam folat untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B (vitamin B9) yang dapat ditemukan dalam banyak makanan.

Asam folat dapat mencegah beberapa penyakit dan juga mendukung kesehatan tubuh. Mulai dari kerusakan sumsum tulang belakang hingga mendukung kesehatan janin selama masa kehamilan.

BACA JUGA:Buat Janin Sehat! Ini Dia 8 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Berikut Ini Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui:

1. Mencegah Anemia

Anemia dapat terjadi karena kekurangan asam folat. Oleh karena itu, nutrisi yang satu ini dapat menjadi obat dan mencegah anemia jenis ini. Asam folat bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah merah.

Ketika asam folat kurang, tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang cukup sehingga menyebabkan anemia. Gejala anemia yang paling umum adalah kulit pucat, lemas, dan sesak napas.

2. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Selama Kehamilan

Selama kehamilan, tidak hanya tubuh ibu yang membutuhkan nutrisi, tetapi juga janin. Hal ini membuat manfaat asam folat untuk ibu hamil sangat besar.

Asam folat membantu pertumbuhan otak, sumsum tulang belakang, pembentukan sel darah merah, organ tubuh, dan tengkorak bayi selama masa kehamilan. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah keguguran.

3. Membantu Mencegah Defek Tabung Saraf pada Bayi

Asam folat sangat penting selama kehamilan. Konsumsi yang memadai dari asam folat sebelum dan selama awal kehamilan dapat mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

Defek tabung saraf adalah kelainan bawaan serius yang dapat memengaruhi perkembangan saraf dan tulang belakang bayi. Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat dan mungkin juga mendapatkan suplemen asam folat.

BACA JUGA:Lengkap! Inilah Makanan untuk Ibu Hamil Muda untuk Kandungan yang Lebih Sehat!

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asam folat juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Ini membantu mengurangi kadar homosistein dalam tubuh. Homosistein adalah senyawa yang, jika terlalu tinggi dalam tubuh, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi asam folat, kita dapat menjaga kadar homosistein dalam batas yang aman.

5. Membantu Pembentukan Sel

Sel sangat mudah rusak ketika terpapar radikal bebas, sehingga tubuh perlu memproduksi sel baru dengan cepat. Selain asam folat, nutrisi lain yang dapat membantu pembentukan sel baru adalah protein, vitamin B12, vitamin C, dan asam amino.

6. Meningkatkan Kualitas Sperma

Tidak hanya pada masa kehamilan, asam folat juga baik untuk dikonsumsi oleh para pria. Karena asam folat dapat meningkatkan kualitas sperma. Sperma yang berjalan normal dapat mengurangi risiko cacat bawaan saat bayi lahir.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat asam folat selanjutnya adalah menjaga kesehatan rambut. Perannya adalah membantu produksi sel sehingga membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Ketika tubuh kekurangan asam folat, hal ini dapat menyebabkan penuaan dini dan rambut rontok.

8. Mencegah Depresi

Konsumsi asam folat juga dapat mencegah dan mengobati depresi. Asam folat dapat meningkatkan pengaturan suasana hati dan meningkatkan fungsi otak kamu.

9. Meningkatkan Kesehatan Saluran Cerna

Saluran cerna seringkali mengalami masalah. Mulai dari diare, sembelit, dan masih banyak lainnya. Namun dengan asam folat, masalah itu bisa diatasi dengan mudah. Asam folat, bersama dengan vitamin 12, dan vitamin C bekerja dalam mencerna protein yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Vitamin untuk Ibu Hamil yang Harus Terpenuhi agar Sang Ibu dan Bayi Sehat

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Asam folat bekerja dengan cara menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Itulah beberapa manfaat asam folat untuk Kesehatan yang sangat penting bagi tubuh. Banyak juga manfaat asam folat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan kulit menjadikannya sangat penting. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: