Metode Diet dengan Puasa yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Patut Dicoba Nih

Metode Diet dengan Puasa yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Patut Dicoba Nih

Ilustrasi seseorang sedang diet dengan puasa-Image by Freepik-

RADARPEKALONGAN - Terdapat beberapa metode diet dengan puasa yang ampuh menurunkan berat badan. Untuk mengetahui hal tersebut, simaklah uraian artile ini agar dietnya bisa berhasil.

Bagi pemula diet memang hal yang sangat sulit untuk dilakukan sebab harus membatasi jenis makanan dan waktu yang digunakan untuk makan. Bagi jiwa yang tidak tahan akan hal itu pasti sangat menyiksa. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika harus beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi diet, terutama bagi pemula. 

Salah satu hal yang bisa diterapkan untuk beradaptasi pada kondisi diet yakni menerapkan metode diet dengan puasa. Diet dengan puasa merupakan metode mengatur waktu makan dan puasa. Diet dengan cara ini menitikberatkan pada waktu yang bisa digunakan untuk makan, bukan tentang makanan jenis apa yang bisa dimakan.

Tentu ini akan menjadi hal yang lebih ringan dibanding harus membatasi jenis makanan yang bisa dimakan sekaligus waktu makannya. Dengan menerapkan diet puasa ini maka tubuh akan terjaga dari berbagai jenis penyakit serta bisa efektif dalam menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Diet dengan Puasa Daud untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, puasa memang menjadi hal yang tak saing lagi, sebab masyarakat Indonesia yang beragama islam menjalankan puasa Ramadhan setahun sekali dalam jangka waktu satu bulan. Puasa sendiri seringkali dikaitkan dengan hal agamis atau yang berkaitan dengan agama.

Meskipun demikian,sebenarnya puasa juga dianjurkan dalam dunia kesehatan. Sebab dengan puasa akan mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu dengan diet puasa berat badan bisa turun secara efektif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Gizi IPB, bahwa puasa Daud secara signifikan bisa menurunkan berat badan pada orang yang mengalami obesitas.

Dalam dunia kesehatan, diet dengan puasa dikenal dengan istilah intermittent fasting. Dalam melakukan diet puasa, terdapat beberapa metode yang sangat berbeda dengan diet pada umumnya, diantaranya : 

1. Metode Diet dengan Puasa 5:2

Metode diet ini menerapkan hal yang berbeda dengan diet pada umumnya. Diet pada umumnya dilakuakn setiap hari dengan membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh serta berolahraga dengan cukup.

Namun demikian, metode puasa ini sangat berbeda, apalagi diet puasa 5:2 ini. Dalam metode ini, dalam seminggu 5 hari digunakan untuk makan normal seperti biasa dan 2 hari melakukan puasa. Namun demikian, jangan puasa 2 hari berturut-turut.

Puasa Senin-Kamin, menjadi salah satu puasa yang direkomendasikan dalam melakukan metode diet ini. Sebab dalam 2 hari melakukan puasa dan tidak berturut turut. Meskipun dalam metode ini boleh makan seperti biasa dalam jangka waktu 5 hari namun tetap harus mengatur asupan nutrisi dalam tubuh. 

BACA JUGA:Cara Mengatur Pola Makan saat Diet yang Aman untuk Usia Remaja

2. Metode Diet dengan Puasa 16/8

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: