7 Obat Cantengan Alami yang Ampuh, Mudah dan Hanya Andalkan Ramuan Tradisional

7 Obat Cantengan Alami yang Ampuh, Mudah dan Hanya Andalkan Ramuan Tradisional

Obat Cantengan Alami yang Ampuh--freepik

3. Baking Soda

Bahan alami yang sering digunakan dalam pembuatan kue ini dapat mengubah tingkat pH kulit sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada cantengan.

Cara mengobati cantengan dengan baking soda cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air.

Kemudian, oleskan saja campuran tersebut pada kuku yang terinfeksi. Kamu bisa melakukan langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

4. Gel Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang dapat mengobati cantengan adalah gel lidah buaya atau aloe vera gel. Gel lidah buaya dapat memberikan sensasi dingin yang menenangkan kulit.

Tidak hanya itu, gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiseptik serta mengandung antioksidan polifenol untuk mengurangi peradangan akibat cantengan.

Caranya sangat mudah, oleskan gel lidah buaya pada area yang terinfeksi lalu tutup dengan perban.

5. Minyak Pohon Teh

Tea tree oil terkenal dengan kandungannya yang dapat mengatasi masalah kulit wajah. Ternyata minyak pohon teh juga bisa kamu gunakan untuk mengobati cantengan, lho!

Hal ini dimungkinkan karena tea tree oil mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan beberapa tetes tea tree oil pada kain kasa lalu membungkusnya pada bagian yang terkena cantengan.

BACA JUGA:Obat Kutu Air Alami yang Ampuh, Efektif Hilangkan Jamur di Kaki

6. Kunyit Parut

Selain menjadi bumbu yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia, kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Kandungan anti-inflamasi pada kunyit dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: