Mampu Jaga Tubuh Lansia Tetap Sehat! Ini Dia 5 Cara Menjaga Kesehatan Lansia

Mampu Jaga Tubuh Lansia Tetap Sehat! Ini Dia 5 Cara Menjaga Kesehatan Lansia

Cara Menjaga Kesehatan Lansia--freepik.com/DCStudio

RADARPEKALONGAN - Meski usia kamu tak lagi muda, bukan berarti kesehatanmu hilang. Inilah beberapa cara menjaga kesehatan lansia.

Setiap orang yang sudah memasuki tahap lanjut usia atau lansia tentu ingin menikmati masa-masa 'senja' dengan penuh kebahagiaan.

Sayangnya, menjaga kesehatan para lansia bukanlah perkara mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, mengingat kondisi tubuh lansia yang sudah sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Tak bisa dipungkiri, bertambahnya usia mau tak mau akan membuat tubuh mengalami banyak perubahan.

Proses ini disebut dengan penuaan, dan perubahan yang dirasakan meliputi seluruh anggota tubuh. Mulai dari kulit yang cenderung kering dan berkerut, tumbuhnya uban, hingga perubahan pada organ-organ dalam tubuh. 

Organ dalam tubuh yang mengalami proses penuaan pertama kali adalah jantung dan pembuluh darah. Dinding pembuluh darah, baik arteri maupun vena, akan menjadi lebih kaku. 

Hal ini menimbulkan resistensi yang lebih besar, sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah.

Inilah yang membuat lansia rentan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi dan berbagai masalah jantung lainnya. 

BACA JUGA:Mampu Jaga Saraf dan Tulang, Inilah Multivitamin yang Baik untuk Lansia agar Tubuh Tidak Sakit

BACA JUGA:Cegah Sakit Tulang Lansia, Inilah 10 Produk Susu Terbaik dan Aman untuk Orang Tua

Lansia juga rentan mengalami gangguan keseimbangan. Hal ini membuat mereka berisiko terjatuh, bahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari di rumah.

Lansia yang terjatuh dapat mengalami komplikasi kesehatan, seperti patah tulang, infeksi, hingga kecacatan.

Cara Menjaga Kesehatan Lansia

Tubuh lansia yang 'unik' membuat mereka membutuhkan cara-cara khusus untuk menjaga kesehatannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan terkait menjaga kesehatan lansia:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: