Ini Dia 15 Buah untuk Menurunkan Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Sehari-hari

Ini Dia 15 Buah untuk Menurunkan Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Sehari-hari

Buah untuk Menurunkan Kolesterol--freepik.com/freepik

Alpukat juga dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan jantung. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan serat yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

BACA JUGA:Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol, Berikut 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Melansir dari Healthline, konsumsi satu buah alpukat per hari dapat menurunkan kadar LDL pada orang dengan berat badan berlebih dan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

9. Zaitun

Kamu mungkin mengenal minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, mengonsumsi buah zaitun saja juga memiliki manfaat yang menarik, terutama untuk kolesterol. Zaitun mengandung asam oleat yang dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL.

10. Semangka

Semangka disebut-sebut memiliki potensi untuk mencegah penyakit jantung karena kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, dan berbagai elemen bioaktif.

Menurut studi dari Current Developments in Nutrition, konsumsi semangka dapat menurunkan trigliserida dan LDL, serta meningkatkan kadar HDL.

Konsumsi buah ini secara teratur setiap hari juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

11. Pisang

Pisang juga menjadi pilihan buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung serat yang larut dalam air dan beberapa vitamin yang menyehatkan tubuh. Konsumsi 250-500 gram pisang per hari selama empat minggu dapat membantumu menurunkan kadar LDL dalam darah.

12. Pir

Pir mengandung antioksidan dan serat larut air yang tinggi. Selain itu, buah ini juga bebas lemak. Oleh karena itu, buah ini dapat membantumu menurunkan kolesterol total dan mengurangi risiko penyakit jantung.

13. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan dalam pepaya ini dapat membantu kamu menurunkan kolesterol dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: