Bagus untuk Kesehatan Tulang dan Otak, Berikut 10 Manfaat Biji Durian Bagi Kesehatan

Bagus untuk Kesehatan Tulang dan Otak, Berikut 10 Manfaat Biji Durian Bagi Kesehatan

Biji durian kaya manfaat bagi kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Tak hanya buahnya yang kaya manfaat untuk kesehatan, biji durian juga bagus untuk kesehatan. Ngemil biji durian rebus bagus untuk kesehatan tulang, otot, saraf dan baik untuk kesehatan otak hingga menurunkan risiko diabetes.

Biji durian selama ini hanya dibuang di tempat sampah. Atau untuk pembibitan pohon durian dari biji. Sedikit sekali yang mengolahnya untuk dimakan.

Padahal di saat kita kecil, nenek kerap merebus biji durian saat panen buah durian di kampung. Tak disangka, kala itu biji durian yang hanya untuk cemilan pengganjal perut lapar ternyata kaya manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat biji durian ini diperoleh dari kandungannya yang luar biasa. Biji durian mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, kalium, fosfor, magnesium. Bahkan biji durian ada kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan berupa flavonoid dan polifenol.

Baca juga:Penangkal Depresi hingga Buat Kulit Awet Muda, Berikut 8 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Berikut manfaat biji durian untuk kesehatan yang dilansir dari biotifor:

1. Sumber nutrisi tubuh

Manfaat biji durian untuk kesehatan yang pertama sebagai sumber gizi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Biji durian kaya karbohidrat kompleks, serat, protein, dan lemak sehat. Biji durian juga mengandung vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niacin), dan mineral seperti besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji durian mengandung vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi, mencegah penyakit, dan mempercepat penyembuhan luka. 

3. Sumber energi

Kandungan karbohidrat kompleks dalam biji durian merupakan sumber energi yang baik. Dengan mengonsumsi biji durian, energinya akan bertahan lebih lama. 

4. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol pada biji durian akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga mengonsumsi biji durian dapat mengurangi risiko berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: