5 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Aman Digunakan dan Ampuh Turunkan Kolesterol

5 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Aman Digunakan dan Ampuh Turunkan Kolesterol

Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol--freepik.com/freepik

3. Bawang putih

Beberapa penelitian mengatakan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol darah, dan mencegah pengerasan pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis).

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung. Jika kamu tidak menyukai rasanya, kamu dapat mengonsumsi suplemen bawang putih dalam bentuk kapsul atau tablet.

4. Jahe

Tanaman herbal untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah jahe. Sebuah penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Penelitian lain pada tahun 2008 menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kamu bisa menambahkan jahe mentah ke dalam makanan atau meminum air rebusannya.

5. Kacang kedelai

Tanaman herbal untuk menurunkan kolesterol yang terakhir adalah kacang kedelai. Kacang kedelai dan produk olahannya, seperti tahu, susu kedelai, dan tempe, merupakan sumber protein yang rendah lemak.

Mereka bisa digunakan sebagai pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Dengan begitu, kolesterol dalam makanan secara keseluruhan dapat dikurangi. 

BACA JUGA:Wajib Kamu Coba Sehari-hari, Ini Dia Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Ampuh

Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi obat kolesterol tanpa perubahan gaya hidup hanyalah omong kosong belaka. Kedua langkah pencegahan ini harus berjalan beriringan agar komplikasi kolesterol tinggi dapat diantisipasi.

Berikut adalah contoh perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan:

1. Batasi makanan berlemak

Penyebab utama kolesterol tinggi adalah mengonsumsi makanan berlemak. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan berlemak dan carilah makanan pengganti yang lebih sehat. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung lemak nabati dan asam lemak omega-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: