5 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Aman Digunakan dan Ampuh Turunkan Kolesterol

5 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Aman Digunakan dan Ampuh Turunkan Kolesterol

Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol--freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ada beberapa obat alternatif untuk menurunkan kolesterol yaitu menggunakan tanaman herbal untuk menurunkan kolesterol. Pengobatan alami ini termasuk biji rami, bawang putih dan jahe.

Kolesterol tinggi sering kali menjadi penyebab utama penyakit kronis, seperti gagal jantung, hipertensi, dan diabetes.

Pemicunya beragam, mulai dari mengonsumsi makanan berlemak, jarang berolahraga, minum alkohol hingga merokok. Selain kondisi-kondisi tersebut, faktor genetik juga turut menyumbang potensi penyakit ini.

Bagi seseorang yang memiliki riwayat genetik kolesterol atau sudah mengidapnya, perubahan gaya hidup perlu dilakukan untuk mencegahnya bertambah parah.

Langkah ini dapat dikombinasikan dengan obat-obatan untuk mengontrol kadar kolesterol. 

Beberapa orang memilih tanaman herbal sebagai alternatif obat kolesterol. Alasannya, karena tanaman herbal lebih alami dan tentunya minim efek samping.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Dicoba Sehari-hari

BACA JUGA:Ini Dia 5 Obat Herbal Kolesterol yang Efektif dan Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol

1. Biji rami

Tanaman herbal untuk menurunkan kolesterol yang pertama adalah biji rami. Biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang cukup tinggi. Zat yang masih tergolong dalam asam lemak omega-3 ini diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung sering dikaitkan dengan kolesterol yang tinggi. Menurut penelitian, efek pencegah penyakit jantung dari flaxseed juga berdampak pada penurunan kadar kolesterol.

2. Beras ragi merah

Bahan hasil fermentasi ini mengandung monacolin K yang cukup tinggi. Zat tersebut ternyata identik dengan bahan aktif yang ada dalam obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: