Masuki Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Pekalongan Rapatkan Barisan

Masuki Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Pekalongan Rapatkan Barisan

Bawaslu Kabupaten Pekalongan gelar Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Masuki masa kampanye Pemilu 2024, sebanyak 347 pengawas pemilu Kabupaten Pekalongan menggelar Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di lapangan belakang Setda Kabupaten Pekalongan, Senin, 27 November 2023. 

Masa kampanye Pemilu 2024 akan dimulai tanggal 28 November 2023 hari ini hingga 10 Februari 2024, atau selama 75 hari.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan Mohammad Tohir, ditemui usai apel, mengatakan, apel siaga pengawasan ini diadakan untuk mewujudkan tugas Bawaslu sebagai pengawas pemilu.

Menurutnya, apel ini adalah bentuk pernyataan kesiapan Bawaslu untuk menghadapi tahapan kampanye yang akan dimulai besok 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Baca juga:Bawaslu Kabupaten Pekalongan Babat Habis APS Melanggar Ketentuan dan APK

Dikatakan, prinsip pengawasan yang dilakukan dengan mengutamakan pencegahan sebelum penindakan. Lakukan imbauan secara persuasif dan mengedepankan humanisme.

"Bukan berarti pengawas pemilu itu takut, tetapi imbauan dalam rangka mensinergikan komunikasi yang positif agar sebagai pengawas pemilu bisa diterima semua pihak. Penindakan itu adalah jalan terakhir, dan yang terpenting yaitu pencegahan," ungkapnya.

Saat disinggung terkait kesolidan pengawas dalam pemilu 2024, Tohir mengatakan, Bawaslu tidak ingin ketika sudah masa kampanye soliditas masih terusik, sehingga hal ini perlu ditekankan lagi.

"Dalam sambutan tadi, saya sempat menekankan kesolidan. Karena ini adalah penting mengawasi kampanye pada pemilu 2024," imbuhnya.

Baca lagi:Bawaslu Kabupaten Pekalongan Dapat Hibah Rp 8.306.988.000 untuk Pilkada 2024

Tohir dalam apel itu menyampaikan harapannya agar kegiatan apel dapat menjadi penyemangat bagi jajaran Bawaslu untuk terus bekerja dengan semangat dalam konteks pengawasan. Yang muaranya adalah menciptakan pemilu serentak tahun 2024 yang lancar, aman, dan damai.

"Mudah-mudahan seluruh Indonesia lancar aman dan damai, khususnya untuk Kabupaten Pekalongan,” harap dia.

Ia mengatakan, kegiatan apel yang dilaksanakan merupakan bentuk pernyataan dan kesiapan jajaran pengawas pemilu dalam menyongsong masa kampanye yang akan dilaksanakan mulai besok sampai tanggal 10 Februari 2024.

“Untuk itu mari dalam mengawal pesta demokrasi ini, kita betul-betul hadirkan keadilan. Kita tegakkan keadilan, dan dengan nilai-nilai kejujuran. Akan tetapi jangan sampai kita melupakan dan meninggalkan nilai-nilai humanisme kita dalam ranah pengawasan kita,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: