Berikut Ini 9 Obat Kolesterol yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Berikut Ini 9 Obat Kolesterol yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Obat Kolesterol yang Ampuh--freepik.com/freepik

- Mengurangi risiko pembekuan darah dengan menghentikan trombosit yang saling menempel.

Manfaat tambahan di atas membantu mencegah penyakit kardiovaskular pada orang yang pernah mengalami kejadian seperti serangan jantung, dan pada orang yang berisiko. 

2. PCSK9 Inhibitor

Inhibitor PCSK9 adalah obat yang bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Saat ini, ada dua obat yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), yaitu alirocumab (Praluent) dan evolocumab (Repatha).

Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan inhibitor PCSK9 terdapat efek yang kuat. Dalam beberapa kasus, bahkan dapat mencegah serangan jantung atau stroke. 

Obat ini bisa digunakan secara mandiri atau dikombinasikan dengan statin. Namun, perlu dicatat bahwa obat ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada obat penurun kolesterol lainnya.

3. Fibrat

Fibrat adalah bentuk lain dari obat kolesterol yang dapat menurunkan kadar lipid (lemak) darah, terutama trigliserida.

Tubuh dapat membuat trigliserida (lemak) dari makanan saat mengonsumsi kalori, tetapi tidak membakarnya. 

Penggunaan fibrat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol "baik" HDL, sekaligus mengurangi produksi kolesterol "jahat" LDL oleh hati.

Namun, orang yang memiliki penyakit ginjal atau penyakit hati yang parah tidak boleh menggunakan obat ini.

4. Sekuestran asam empedu (resin asam empedu)

Kelas obat kolesterol ini bekerja di usus dengan menempel (atau mengikat) empedu. Ini adalah cairan kehijauan yang terbuat dari kolesterol yang diproduksi hati untuk mencerna makanan.

Proses pengikatan ini menyebabkan kolesterol dalam tubuh berkurang. Secara khusus, obat ini menurunkan kolesterol "jahat" LDL dan sedikit meningkatkan kadar kolesterol "baik" HDL.

5. Ezetimibe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: